19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

Dinas KUKM Kabupaten Sukabumi Gelar Pelatihan Digitalisasi Bagi Para Pelaku Usaha Koperasi, Mikro dan Kecil

Wartain.Com, Sukabumi || Dinas Koperasi Usaha Kecil dan Mikro (KUKM) Kabupaten Sukabumi, menggelar kegiatan pelatihan bagi para pelaku Usaha Koperasi, Kecil dan Mikro, bertempat di Hotel Pangrango Rabu-Jumat 10-12/05/2023.

Kegiatan yang bersumber dari anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK) tersebut, dihadiri oleh staf ahli bidang pembangunan ekonomi dan keuangan Kabupaten Sukabumi, Kadis KUKM, Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro, para narasumber dan seluruh peserta pelatihan dari berbagai sektor UMKM.

Kegiatan itu sendiri mengambil tema “Pelatihan Digitalisasi Usaha Mikro Dana Alokasi Khusus Non Fisik Kegiatan Peningkatan Kapasitas Koperasi Usaha Mikro Dan Kecil”.

Dalam arahannya Kadis KUKM Kabupaten Sukabumi H. Yulipri menyampaikan, agar pelaku UMKM bisa berdaya saing dan kompetitif, dibutuhkan kemampuan untuk meningkatkan kapasitas produksi, branding dan pemasaran.

“Para pelaku UMKM harus mampu memanfaatkan seluruh potensi yang ada, terutama dalam mengikuti alur era digital, bagaimana produk kita bisa lebih di optimalkan dalam proses pengembangan usahanya”, kata Yulipri.

Inovasi pengembangan usaha menjadi penting, terutama untuk memasuki era digitalisasi dengan merubah paradigma pasar dari offline ke online. Hal ini mesti dilakukan oleh seluruh para pelaku UMKM agar produknya tidak tersisihkan.

Kemudian dalam sambutannya, Staf Ahli Bidang Pembangunan Ekonomi dan Keuangan Kabupaten Sukabumi Bambang Widiantoro mengatakan, UMKM yang tumbuh dan berkembang dengan baik adalah UMKM yang telah menerapkan dan tergabung dalam ekosistem pasar digital.

“Pengembangan UMKM menjadi sangat strategis dalam menggerakkan perekonomian nasional, mengingat kegiatan usahanya mencakup hampir semua lapangan usah, sehingga kontribusi UMKM menjadi sangat besar, terutama bagi peningkatan pendapatan pelaku usaha”, ungkapnya.

Seluruh peserta akan mendapat materi selama 3 hari dari para nara sumber yang sengaja didatangkan oleh panitia, dari berbagai kalangan akademisi, profesional dan pendamping UMKM.

(Aab/Intan/Ruswandi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.