19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

Dr. Sundawan Salya Berikan Pembekalan Kewirausahaan Bagi Purna PMI Sukabumi

Wartain.Com || Pemerintah Kabupaten Sukabumi melalui Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnaketrans), lakukan pelatihan pada Purna Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang berada di wilayah Cikakak, Jumat 28/07/2023, bertempat di Aula Desa Cikakak, Kecamatan Cikakak, Kabupaten Sukabumi.

Mengusung tajuk “Pembekalan Pemberdayaan Kewirausahaan Sub Kegiatan Pemberdayaan Pekerja Migran Indonesia Purna Penempatan Tahun 2023, kegiatan ini di ikuti oleh puluhan PurnaPMI, dan dihelat selama 3 (tiga) hari dari tanggal 26-28 Juli 2023.

Purna PMI sendiri adalah, sekelompok Pekerja Migran yang pernah bekerja di luar negeri dan telah kembali ke tanah air.

Kegiatan ini turut di hadiri oleh salah satu tokoh sekaligus akademisi asli Sukabumi,  Dr. Drs. Sundawan Salya, M. Si, Ketua Harian PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi Aam Abdul Salam, S.Ag, Jajaran Disnaketrans Kabupaten Sukabumi, Sejumlah Perangkat Kecamatan dan Desa Cikakak.

Dr. Sundawan Salya Berikan Pembekalan Kewirausahaan Bagi Purna PMI Sukabumi

Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan (PPTK) Disnaketrans Kabupaten Sukabumi, Ade Sasmita mangatakan, dalam dua tahun terakhir Pihaknya selalu rutin melaksanakan pelatihan- pelatihan kepada Purna PMI.

“Alhamdulillah selama kurang lebih Dua tahun terakhir, kita selalu rutin melaksanakan pelatihan kepada Purna PMI, sebelumnya kita juga sudah mengadakan kegiatan ini di wilayah Cikembar dan sekarang di Cikakak, tentunya Alhamdulillah hal ini bisa terlaksana melalui kolaborasi dengan beberapa pihak salah satunya PLUT KUMKM,” tuturnya.

Ade berharap, dengan adanya kegiatan pelatihan ini bisa menumbuhkan jiwa wirausaha dan pengembangan diri para Purna PMI, serta lunturnya keinginan mereka untuk kembali bekerja di luar negeri dan lebih memilih untuk berwirausaha di negeri sendiri.

“Harapan saya supaya Purna PMI itu tidak ada keinginan untuk berangkat lagi keluar negeri, dan bisa berwirausaha di wilayahnya masing- masing,” pungkasnya.

Dr. Drs. Sundawan Salya M.Si, salah seorang tokoh dan  akademisi, yang di undang untuk memberikan materi dalam kegiatan tersebut,  turut memberikan keterangan.

Menurutnya, kehadirannya dalam kegiatan kali ini, untuk memenuhi undangan. selain itu untuk memberikan motivasi kepada warga yang bergerak di bidang UMKM.

“Kehadiran saya atas undangan rekan saya, Alhamdulillah saya bisa hadir di Cikakak ini, kehadiran saya untuk memberikan motivasi kepada masyarakat yang bergerak di bidang UMKM,” ucapnya.

“Bagi saya, UMKMnya sendiri merupakan konsep yang sangat bagus untuk di kembangkan, dan pelakunya perlu di motivasi untuk meningkatkan semangat bahkan produksi”, tuturnya.

Dr. Sundawan mengharapkan pelatihan ini tidak hanya berhenti dikegiatan ini saja, akan tetapi perlu adanya pendampingan agar pelaku UMKM mendapatkan Out Come dari apa yg mereka kerjakan.

“Untuk meningkatkan produksi sampai terjual itu kan tidak mudah, disitu dibutuhkan sisi manajemen yang perlu di perbaiki. Ini tanggung jawab kita bersama meningkatkan kemampuan manajemen dari berbagai aspek. Jangan sampai pelatihan sekali terus dilepas, harus ada out come nya bukan hanya output”, ujarnya.

Beliau menuturkan, UMKM merupakan pilar ekonomi nasional, karena UMKM jarang terkena resesi secara langsung.

“Yang kedua UMKM itu, menjadi pilar ekonomi nasional, karena yang hampir tidak pernah terkenan resesi langsung itu adalah UMKM. Ketika perusahaan- perusahaan terkena dampak langsung, tapi bagi pedagang sayur, pedagang gorengan atau apa saya yang di kualifikasikan sebagai UMKM, itu tidak pernah terkena dampak langsung”, menurutnya.

Ketua Aktivasi Harian PLUT Dan Dr Sundawan Salya, Memberikan Stimulan BPJS Ketenagakerjaan Serta Alat Catering Kepada Peserta Pelatihan

“Hal ini yang harus di sentuh terus, alangkah baiknya pemerintah melihat realita di tingkat bawah. Ini merupakan tolak ukur yang riil, bahwa UMKM merupakan pilar ekonomi nasional,” pungkasnya.

Sementara itu Kades Cikakak Dede Mulyadi ditemui wartain.com menuturkan, sangat menyambut baik kegiatan seperti ini, karena warganya banyak yang jadi Purna PMI, tapi mereka bingung harus apa setelah pulang dari luar negeri.

“Alhamdulillah, Disnaker bekerjasama dengan PLUT KUMKM Sukabumi, mengadakan pelatihan di desa kami, kebetulan banyak Purna PMI yang tidak pulang lagi ke luar negeri, mereka banyak yang membuka usaha sendiri, tapi mereka bingung dalam pengembangan usahanya,” kata Dede.

Kebingungan mereka karena tidak memahami dalam hal pengembangan usahanya, baik dari sisi perizinan, akses pemasaran, permodalan, manjerial bahkan sampai perlindungan kerjanya.

“Kami sangat bersyukur, selama tiga hari mereka diberikan pemahaman berkaitan dengan kebutuhan pengembangan usahanya, bahkan hari ini mereka diberikan stimulan pembayaran BPJS Ketenagakerjaan oleh ketua aktivasi harian PLUT KUMKM Kabupaten Sukabumi,” tutup Kades yang Purna PMI juga.***

Editor : Raka Azi

(Tim)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.