19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

Mahfud MD, Batal Jadi Cawapres Jokowi, Kini Kandidat Kuat Cawapres Ganjar

Wartain.com || Drama penetapan cawapres Ganjar Pranowo di Pilplres 2024 masih berlanjut, sejumlah tokoh besar di gadang- gadang menjadi kandidat kuat untuk mendampingi Ganjar Pranowo, salah satunya Mahfud MD yang saat ini masih menjabat sebagai Menkopolhukam.

Nama Mahfud MD muncul sebagai tokoh yang berpotensi menjadi cawapres PDIP, Ganjar Pranowo. Ini adalah kali kedua Mahfud digadang-gadang menjadi cawapres PDIP, setelah pada Pilpres 2019 lalu ia menjadi bakal cawapres Jokowi.

Di Pilpres 2019, Mahfud bertahan hingga detik-detik terakhir sebagai bakal cawapres Jokowi. Pada Agustus 2018 lalu, dalam sebuah acara di televisi nasional, Mahfud mengungkapkan jika Jokowi sudah menjatuhkan pilihan kepadanya sehari sebelum pengumuman cawapres.

Mahfud saat itu bahkan diminta untuk mengukur baju karena bakal dibuatkan seragam saat deklarasi capres-cawapres. Tapi sehari setelahnya, Kamis, 9 Agustus 2018, keputusan berubah.

Malam itu, Mahfud padahal sudah bersiap dan menunggu di Restoran Tesate dengan mengenakan kemeja putih dan celana hitam. Restoran ini hanya terpisah persimpangan jalan dengan Restoran Plataran. Di saat yang sama, di Plataran, Jokowi mengumumkan Ketua MUI Ma’ruf Amin sebagai cawapresnya, bukan Mahfud.

Menurut informasi yang dihimpun, nama Mahfud MD ini ditolak oleh tiga parpol pendukung Jokowi saat itu: PDIP, Golkar, dan PKB. Informasi ini juga diperkuat oleh cuitan Sekjen PKB saat itu, Abdul Kadir Karding.

“Rapat antara Pak Jokowi dan ketum sekjen pendukung memutuskan Prof Dr KH Ma’ruf Amin sebagai cawapres Jokowi,” tulis Sekjen PKB Abdul Kadir Karding melalui Twitter, 9 Agustus 2018.

Sementara, Jokowi dan 9 ketum serta sekjen parpol koalisi saat itu sedang berada di restoran Plataran, Jakpus. Mereka sudah menandatangani dukungan capres-cawapres yang akan diserahkan ke KPU.

Meski gagal jadi cawapres, Mahfud tetap mendapat posisi di pemerintahan Jokowi. Ia ditunjuk sebagai Menko Polhukam hingga saat ini.

Di Pilpres 2024, Mahfud MD kembali dikabarkan didekati capres PDIP untuk dijadikan cawapres. Hal ini diperkuat dengan pertemuan empat mata antara Ganjar Pranowo dengan Mahfud MD. Tak cuma itu, Mahfud juga disebut sempat bertemu empat mata dengan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri.

Meski, Mahfud mengaku kedua pertemuan itu tak ada hubungannya dengan Pilpres 2024. Menurut Mahfud, ia memang kerap bertemu dengan Megawati dalam kapasitas sebagai bagian dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

“Karena saya tahu itu bukan domain saya. Bu Megawati lebih tahu semuanya tentang setiap orang. Jadi kita enggak bicara itu [soal Pilpres 2024]. Menghormati aja,” tuturnya.

Sementara itu, pertemuannya dengan Ganjar hanya membicarakan topik-topik yang ringan. Apalagi, ia dan Ganjar sudah berteman lama.

“Apa, ya? Ngobrol-ngobrol ringan aja. Bicara soal, dia, kan, teman, ya. Dulu, kan, waktu di DPR itu kami sering berdiskusi tentang pembahasan korupsi, nostalgia ajalah makan-makan, cuma gitu aja,” ungkapnya.

Selain Mahfud, ada sejumlah tokoh lain yang jadi kandidat kuat cawapres Ganjar. Salah satunya adalah eks Gubernur Jabar sekaligus politikus Golkar Ridwan Kamil.***

Foto: Dok. Kemenko Polhukam

Editor: Raka A. Firmansyah

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.