19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Gelar Pelatihan dan Pendampingan, Pemkot Sukabumi Dukung UMKM Naik Kelas

Wartain.com || Pemerintah Kota Sukabumi berkomitmen untuk terus mendukung kemajuan produk Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), Salah satunya melakukan pendampingan kepada UMKM, melalui Opening Ceremony UMKM Naik Kelas yang diselenggarakan di Ruang Pertemuan Kota Sukabumi, Jumat 3/5/2024.

Penjabat (Pj) Wali Kota Sukabumi Kusmana Hartadji membuka kegiatan tersebut. Hadir dalam momen itu Kepala Dinas Koperasi Dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Ir. Rachmat Taufik Garsadi selaku Narasumber, Koordinator Umkm Naik Kelas Daerah Kota Sukabumi, Kepala Diskumindag Kota Sukabumi, dan Peserta Pelatihan.

“Mudah-Mudahan dengan Kegiatan ini dapat menambah wawasan, keterampilan, pengetahuan, serta meningkatkan kualitas Dan Kompetensi Sdm para pelaku usaha mikro kecil dan menengah daerah Kami, ” ujar Kusmana.

Para pelaku UMKM juga harus mampu berinovasi dan bersaing dalam menghasilkan, memperkenalkan maupun memasarkan produk-produk ekonomi berbasis lokal, yang pada akhirnya akan mampu meningkatan pendapatan daerah dan kesejahteraan bagi pelaku UMKM itu sendiri.

“Kami melihat bahwa pelatihan pembinaan kewirausahan bagi pelaku usaha mikro ini merupakan salah satu langkah strategis kita bersama dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap potensi dan kekayaan daerah,” terangnya.

“Dengan menggali dan mempromosikan produk inovatif, Kreatif berbasis sumber daya lokal yang nersifat khas daerah, sehingga kedepannya mampu bersaing serta menembus pasar global,” tambahnya.

Dijelaskan Kusmana UMKM Naik Kelas merupakan salah satu indikator kinerja daerah yang ditetapkan untuk sektor pemberdayaan UMKM yang menjadi target dari Diskumindag Kota Sukabumi. Sehingga kegiatan dapat mendukung pemenuhan target tersebut.

“Dukungan dari Provinsi Jawa Barat melalui pendampingan dan pelatihan, fasilitasi Dan edukasi perizinan, fasilitasi dan advokasi akses pembiayaan, fasilitasi promosi dan pemasaran, dan fasilitasi kemitraan diharapkan dapat mendongkrak jumlah UMKM yang naik kelas,” jelasnya.

Ditambahkan Kusmana Kota Sukabumi sebagai Kota perdagangan dan jasa memiliki keterbatasan Sumber Daya Alam (SDA) , maka hanya SDM yang berkualitas yang akan mendongkrak tingkat kesejahteraan masyarakat. Program pelatihan ini perlu terus ditingkatkan.***

Foto: Dokpim Kota Sukabumi

Editor: Raka A. Firmansyah

(Red)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.