19.5 C
New York
Selasa, Juni 25, 2024

Latest Posts

Langit Jakarta Biru : Apa Penyebabnya?

Foto : Atta Kharisma

Wartain.com, Jakarta || Penampakan birunya langit DKI Jakarta dan sekitarnya beberapa waktu hingga Selasa 12/09/2023,  bikin segar mata. Bagaimana tidak, yang tadinya tertutup polusi, hingga kemarin Jakarta terlihat lebih ‘colorfull’, daripada sebelumnya.

Bahkan berdasarkan situs IQAir dan Nafas, kualitas udara di DKI Jakarta kemarin berada pada zona kuning dengan kategori sedang pada waktu siang hari. Hal ini terbilang langka lantaran beberapa waktu lalu kualitas udara nampak keruh dan berada di zona merah.

Disebut-sebut ‘fenomena’ birunya langit Jakarta disebabkan karena efek dari Teknologi Modifikasi Cuaca (TMC) metode water mist spraying menggunakan pesawat. Benarkah demikian?

Menyoroti hal itu, Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto mengatakan perlu diukur terlebih dahulu seberapa efektif metode TMC tersebut. Sebab penyebab polusi sendiri bisa dari berbagai faktor, salah satunya sumber emisi.

“Misalnya ditemukan sumber emisi 1.000 di sekitar Jabodetabek, maka dia harus dikurangi. Kalau (TMC) dibilang efektif atau tidak, barangkali 1-2 jam iya turun. Tapi setelah itu kembali lagi,” imbuhnya.***

Sumber : detik.com

Editor : Aab Abdul Malik

(Intan/Ruswandi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.