19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

“MATSAMA” Ala MA Al-Qurthubiyyah Pawenang Nagrak Sukabumi Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023-2024

Wartain.com, Sukabumi || Masa Ta’aruf Siswa Madrasah (MATSAMA) MA Al-Qurthubiyyah Pawenang, Nagrak, Sukabumi, tahun pelajaran 2023-2024, kembali digelar, berlangsung selama tiga hari, Selasa, Kamis, dan Jum’at, 18, 20 dan 21 Juli 2023, berlangsung di gedung MA Al-Qurthubiyyah.

Gelaran MATSAMA sendiri dibuka langsung oleh kepala MA Al-Qurthubiyyah , Somantri, S.Pd.I, dan dihadiri oleh seluruh Dewan Guru, staf, panitia, siswa kelas XI dan XII, serta seluruh siswa baru (kelas X-red).

Rangkaian kegiatan MATSAMA, dimulai dengan pelaksanaan tes akademik dan non akademik, yang meliputi tes pengetahuan umum, tes pengetahuan agama dan tes Baca Tulis Qur’an (BTQ), pada hari Senin 17 Juli 2023, kemudian tiga hari pengenalan madrasah dan satu hari digunakan untuk rihlah, sekaligus penutupan pada hari Sabtu, tanggal 22 Juli 2023.

Upacara Pembukaan MATSAMA MA Al-Qurthubiyyah Pawenang, Nagrak, Suksbumi

Ditemui koresponden, Ketua Pelaksana MATSAMA sekaligus ketua Panitia PPDB MA Al-Qurthubiyyah, Leni Herlinawati, S.Pd.I mengatakan, mulai hari ini sampai empat hari kedepan, seluruh siswa baru akan marathon mengikuti kegiatan MATSAMA.

“Sejumlah 49 siswa baru yang mendaftar, semuanya diterima, mereka terjaring dari berbagai SMP/MTs yang ada di wilayah Kecamatan Nagrak dan sekitarnya,” ungkap Leni.

Sementara itu, Kepala MA Al-Qurthubiyyah menuturkan, panitia dan pihak madrasah sudah bekerja keras dalam rekrutmen siswa baru, hasilnya seperti yang ada dalam data panitia PPDB.

“Tidak ada masalah, walaupun jumlah siswa barunya tidak sesuai dengan ekspektasi, maunya sih kami bisa menerima lebih dari ini, yang mendaftar kesini semuanya kami terima tanpa terkecuali,” tuturnya.

MATSAMA” Ala MA Al-Qurthubiyyah Pawenang Nagrak Sukabumi Bagi Siswa Baru Tahun Pelajaran 2023-2024

Selanjutnya, disinggung terkait dengan kegiatan MATSAMA beliau menyampaikan, gelaran ini sangat penting, karena dalam kegiatan MATSAMA, siswa baru dikenalkan dengan situasi lingkungan madrasah, sarana prasarana, dewan guru, kurikulum, ekstra kurikuler, pembiasaan, tata tertib madrasah, visi misi madrasah, sistem pembelajaran dan profil madrasah.

“Selama tiga hari, siswa baru akan menerima materi yang berkaitan dengan susana, situasi dan kondisi pembelajaran ditingkat SLTA (MA-red). Mungkin suasananya kan berbeda, antara dulu di SMP/MTs dengan sekarang, mereka bisa beradaptasi terlebih dahulu dengan lingkungan yang baru,” tambah Somantri.

Menurut pantauan dilapangan, selain diberikan materi diatas, MATSAMA di MA Al-Qurthubiyyah juga diberikan materi yang berkaitan dengan wawasan kebangsaan, hal ini penting disampaikan untuk menanamkan sikap cinta tanah airnya.

“Materi ini menjadi sangat penting disampaikan, mengingat komitmen kebangsaan, merupakan bagian konsen kami dalam mendidik siswa. Kami berharap, dengan disampaikannya materi kebangsaan, akan mencetak kader muda penerus bangsa, yang kuat dalam agama dan kuat menjaga citra diri bangsa,” pungkasnya.***

(Aab)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.