19.5 C
New York
Selasa, Juni 25, 2024

Latest Posts

Penantian Panjang Calon Jemaah Haji Kabupaten Sukabumi, Hari Ini Mulai Berangkat

Wartain.Com, Sukabumi || Setelah sempat tertunda beberapa tahun akibat oandemi covid-19, calon jemaah haji yang berasal dari Kabupaten Sukabumi akhirnya mulai diberangkatkan pada hari Kamis, 25/05/2023.

Sebanyak 400 calon jemaah haji yang tergabung dalam kloter lima, dilepas dan diberangkatkan, dari asrama haji/pusbangdai Cikembang pada pukul 13.25, menuju asrama haji Pondok Gede Bekasi, dan diperkirakan sampai pada pukul 16.35 ke lokasi.

Hadir dalam prosesi pemberangkatan pertama dari Kabupaten Sukabumi, Wakil Bupati, Kepala Kemenag, Kabag Kesra, Kasi penyelenggaraan haji dan umroh serta unsur Forkopimda lainnya.

Kasi penyelenggaraan haji dan umrah Kemenag Kabupaten Sukabumi Rizal Yusup Ramadhan mengatakan, pelaksanaan haji tahun 2023 untuk jatah Kabupaten Sukabumi sejumlah 1.605 orang, dengan komposisi 1.420 jemaah murni, 235 jemaah cadangan dan masing-masing kloter sejumlah 8 orang petugas, mulai dari petugas pendampingan haji sampai petugas kesehatan.

Calon jemaah haji dari Kabupaten Sukabumi sendiri dibagi menjadi lima kloter, dengan pembagian waktu berangkat sebagai berikut :
Kloter enam berangkat hari ini Kamis 25/05/2023 sejumlah 400 orang, kloter 22 berangkat hari Kamis 01/06/2023 sejumlah 374 orang, kloter 51 berangkat hari Senin 13/06/2023 sejumlah 374 orang, kloter 64 berangkat hari Sabtu sejumlah 50 orang dan kloter 70 (terakhir) berangkat hari Selasa 20/06/2023 sejumlah 440 orang.

“Pemberangkatan calon haji tahun ini lebih mengedepankan bagi para tamu Allah yang sudah lanjut usia (lansia), maka kami mengusung tema haji ramah lansia”, katanya.

Rizal menambahkan, untuk calon haji lainnya agar bersabar menunggu tambahan kuota dari pemerintah Arab Saudi dan tahun depan akan diberangkatkan lagi sesuai dengan daftar tunggu haji yang ada di Kabupaten Sukabumi.

“Mudah-mudahan semuanya lancar, baik persiapan secara fisik, mental, maupun finacialnya, karena ibadah haji tidak biasa dilakukan di Indonesia, tentunya lahir bathin kita harus banar-benar siap”, tambahnya.

Menurut data yang ada diperkirakan daftar tunggu calon haji di Kabupaten Sukabumi , berada dikisaran 15-16 tahun dari daftar. Untuk calon haji tahun 2023 sendiri pendaftarannya, antara 12 – 13 tahun.

Ditemui koresponden, salahsatu calhaj asal Cibadak, Bapak Ahmad menyampaikan, rasa syukur yang tidak terhingga, karena kurang lebih 13 tahun menunggu untuk berangkat ke Baitullah akhirnya terpanggil.

“Saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah banyak membantu, mulai dari pendaftaran haji, latihan manasik haji sampai akhirnya sekarang kami berangkat, semoga ibadah haji kami diterima Allah”, ucapnya sambil berlinang air mata bahagia campur sedih.

Menurut informasi dari panitia pemberangkatan haji daerah Sukabumi, untuk pemberangkatan tahun 2023 ada sebanyak 50 orang yang hajinya tertunda , dengan berbagai macam alasan diantaranya, sakit, ada pekerjaan yang tidak bisa ditunda, belum lunas ongkosnya dan alasan lainnya. (Aab/Raika/Ruswandi )

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.