19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Panen Raya Perdana Program Raka Kreasi, Wujud Kepedulian PT PLN IP UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu dalam Ketahanan Pangan 

Wartain.com || Bukti kepedulian PT PLN Indonesia Power UBP Jawa  Barat 2 Palabuhanratu dalam meningkatkan hasil pertanian dan mendukung program pemerintah dalam ketahanan pangan, secara bersama menggelar acara Panen Raya Program Raka Kreasi (Pertanian Berkelanjutan Berbasis Kearifan Lokal dan Inovasi) di Kampung Mariuk, Desa Cidadap, Kecamatan Simpenan, Kabupaten Sukabumi,  Rabu, 19/06/2024.

Acara ini menandai panen perdana padi hasil dari program pemberdayaan masyarakat yang diinisiasi oleh UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu.

Program Raka Kreasi bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian berkelanjutan berbasis kearifan lokal dan inovasi. Salah satu wujud nyata program ini adalah pembangunan irigasi pertanian di Desa Cidadap.

Irigasi ini diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil panen dan kualitas produk pertanian, meningkatkan efisiensi penggunaan air, mencegah terjadinya kekeringan, dan meningkatkan ketahanan pangan.

Acara Panen Raya dihadiri oleh berbagai pihak terkait, termasuk Senior Manager UBP JPR Bowo Pramono, Manager Administrasi Asmadi, Kepala Dinas Pertanian Ira Nuryanti, Kodim 0622 Kab. Sukabumi Inf. Amril, Sekmat Simpenan Asep Hudri dan Kepala Desa Cidadap Deden Anta N, Kapolsek Simpenan Erman, Ketua Kelompok Tani Mekar Karya Sari H. Endang, jajaran Management dan Pegawai.

Panen Raya Perdana Program Raka Kreasi, Wujud Kepedulian PT PLN IP UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu dalam Ketahanan Pangan

Dalam sambutannya, Senior Manager UBP Jawa  Barat 2 Palabuhanratu, Bowo Pramono, menyampaikan bahwa Program Raka Kreasi merupakan salah satu program strategis Indonesia Power untuk mendukung ketahanan pangan nasional.

“Pagi ini kita berada di sawah di Kampung Mariuk Desa Cidadap Kecamatan Simpenan untuk melaksanakan kegiatan Panen Raya dalam rangka program Raka Kreasi. Program ini merupakan salah satu program unggulan Indonesia Power dalam rangka merespon isu ketahanan pangan,” ujar Bowo Pramono.

Lebih lanjut, Bowo menjelaskan bahwa Program Raka Kreasi ini dimulai dengan pembangunan irigasi dan tandon air berkapasitas 100.000 liter yang mampu mengairi sawah seluas 5 hektar.

“Program ini bertujuan untuk meningkatkan ketahanan pangan dan hasil panen di Desa Cidadap. Target kita adalah agar tanah atau sawah di desa ini bisa meningkatkan produksinya hingga dua kali lipat bahkan lebih,” jelas Bowo.

Bowo juga menuturkan bahwa Program Raka Kreasi ini merupakan hasil kolaborasi UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu dengan berbagai pihak, termasuk Kodim 0622, Dinas Pertanian, Kecamatan Simpenan, dan Desa Cidadap.

Panen Raya Perdana Program Raka Kreasi Inisiasi PT PLN UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu

Program ini juga bertujuan untuk meningkatkan produksi sawah di Desa Cidadap.

“Tanah atau sawah di desa Cidadap bisa meningkatkan produksinya dalam bisa meningkat dua kali lipat bahkan tidak ada di hadapan kita bersama,” tambah Bowo Pramono.

PT PLN Indonesia Power UBP Jawa Barat 2 Palabuhanratu berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program-program yang berfokus pada ketahanan pangan dan Raka Kreasi. Dengan demikian, program ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas hidup masyarakat dan meningkatkan produksi sawah di Desa Cidadap.

PT PLN Indonesia Power UBP Jawa Barat 2 Pelabuhan Ratu juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kerjasama dengan pihak terkait, termasuk Kodim 0622, Dinas Pertanian, Kecamatan Simpenan, dan Desa Cidadap, untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Dengan demikian, PT PLN Indonesia Power UBP Jawa Barat Palabuhanratyu berharap dapat terus meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui program-program yang berfokus pada ketahanan pangan dan Raka Kreasi.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(SRM)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.