19.5 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024

Latest Posts

Indonesia Jalin Kerjasama Energi Dengan Tanzania

Foto by : dok.pertamina

Wartain com, Jakarta || Presiden Joko Widodo (Jokowi), ingin meningkatkan nilai investasi di Tanzania dalam bidang energi, melalui Badan Usaha Milik Negara (BUMN), PT Pertamina (Persero). Indonesia, kata Jokowi, ingin meningkatkan investasi di Blok Mnazi Bay Tanzania.

“Indonesia ingin tingkatkan investasi di Tanzania termasuk dalam pengelolaan Blok Gas Mnazi Bay oleh BUMN Indonesia, dan pengolahan gas alam menjadi bahan kimia dan pupuk,” jelas Jokowi dalam keterangan tertulis, Rabu, 23/08/2023.

Hal ini dikatakan saat menyampaikan keterangan pers bersama Presiden Tanzania Samia Suluhu dalam kunjungan resminya ke Tanzania di Dar Es Salaam, Selasa, 22/08/2023.

“Kerja sama investasi di bidang ini sangat strategis dan akan memperkokoh kerja sama antara negara berkembang,” tuturnya.

Sebelumnya, Direktur Utama PT Pertamina (Persero) Nicke Widyawati dan Managing Director TPDC Musa Makame menandatangani nota kesepahaman dengan perusahaan milik negara asal Tanzania, yaitu Tanzania Petroleum Development Company (TPDC).

Nota kesepahaman tersebut, menandai dimulainya kerja sama Pertamina di Tanzania untuk meningkatkan eksplorasi hidrokarbon dan seluruh value chain minyak mentah. Selain itu, kedua perusahaan juga akan meninjau potensi kerja sama dalam bidang migas di Tanzania termasuk eksplorasi dan produksi serta pipanisasi migas.

Nicke menjelaskan melalui nota kesepahaman antara TPDC dan Pertamina, kedua BUMN sepakat untuk melakukan kerja sama di sektor hulu dan hilir migas, termasuk peluang investasi hilir pada stasiun CNG dan pasokan mini LNG. Selain itu, peningkatan kapasitas bagi karyawan TPDC untuk mendapatkan pelatihan atau pendidikan bahasa Indonesia.

“Kerja sama strategis di bidang energi antara TPDC dan Pertamina merupakan sebuah milestone untuk meningkatkan hubungan antara Tanzania dan Indonesia, mengingat TPDC dan Pertamina adalah badan usaha milik negara yang sepenuhnya dimiliki oleh masing-masing pemerintah,” jelas Nicke.***

Sumber : detik.news

Editor : Aab Abdul Malik

(Tim)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.