19.5 C
New York
Selasa, Juni 25, 2024

Latest Posts

Dinas Perikanan Kab Sukabumi Gandeng  Kasepuhan Sirnaresmi Rilis 3000 Ikan Tawes

Wartain.com, Sukabumi || Upaya Pelestarian Sungai Melalui Kegiatan Pelepasliaran Ikan, terus dilakukan Dinas Perikanan Kab. Sukabumi. Kali ini restocking ikan dilaksanakan di Sungai Cibareno, bersama masyarakat Kampung Adat Sinar Resmi, di Kec. Cisolok, Rabu, 16/08/2023.

Kasepuhan Sinar Resmi, merupakan salah satu komunitas desa adat, yang hingga kini masih menjaga tata nilai budaya leluhur, khususnya dalam hal budaya pertanian.

Abah Asep Nugraha sebagai sesepuh adat menjelaskan, saat ini selalu berupaya bersama-sama menjaga kearifan lokal, khususnya bidang pertanian dalam hal ini benih lokal padi yang menjadi warisan kebudayaan.

Dinas Perikanan mengajak masyarakat, agar ikut serta dan bersinergi dalam upaya pelestarian ikan dan lingkungan, adapun kegiatan yang dilakukan saat ini seperti: bersih sungai, penanaman pohon di Lingkungan Sungai/ Situ, tidak membuang sampah sembarangan, tidak menggunakan alat tangkap yang berbahaya bagi biota perairan seperti penggunaan setrum dan racun, serta bersama sama mengawasi pembuangan limbah langsung yang berbahaya ke sunga.

Dinas Perikanan Kab Sukabumi Gandeng  Kasepuhan Sirnaresmi Rilis 3000 Ikan Tawes

Jajaran Dinas Perikanan juga menyampaikan bahwa kegiatan rilis ikan ini harapannya dapat memberikan nilai tambah bagi masyarakat setempat, nantinya ikan yang ada dapat dimanfaatkan untuk pemenuhan gizi masyarakat, sebagai bentuk komitmen dinas perikanan dalam menurunkan angka stunting.

Adapun jenis ikan yang dilepasliarkan adalah ikan Tawes sebanyak 3.000 ekor. Ikan tawes merupakan jenis ikan lokal di Kabupaten Sukabumi. Ikan ini merupakan ikan yang hidup liar di perairan umum, terutama di sungai-sungai yang berarus sedang dan berair jernih. Ikan Tawes merupakan ikan ekonomis yang mudah di dapatkan, dan disukai sebagai produk makanan untuk pemenuhan gizi di masyarakat.

Melihat kearifan lokal yang begitu terjaga di Kasepuhan Sinar Resmi, Dinas Perikanan berharap lingkungan Sungai yang terdapat di daerah tersebut dapat terus terjaga dan ikan yang ada di dalamnya lestari hingga manfaatnya dapat di rasakan secara berkelanjutan.***

Editor : Aab Abdul Malik

(Raika/Ikhlas)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.