19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

Nirvana Rayakan 30 Tahun Album In Utero Dengan Merilis Ulang Album

Wartain.com || Grup Band Legendaris asal Amerika Serikat, Nirvana, rayakan 30 tahun album terakhir mereka In Utero yang rilis pada 1993 silam. Album tersebut akan lansir dalam kemasan spesial dengan berbagai bonus, merchandise, dan foto-foto personel Nirvana yang belum pernah terpublikasikan selama ini. 

Keistimewaan lain album  In Utero: 30th Anniversary adalah berisikan 72 lagu Nirvana semasa karier bermusik mereka, mulai dari lagu-lagu mereka yang mengusung genre punk seperti Scentless Apprentice, Rape Me, Milk It hingga musik dengan sentuhan pop yang familiar seperti Sever the Servant, Heart-Shaped Box, dan Pennyroyal Tea. 

Album spesial In Utero: 30 Anniversary bakal siap untuk konsumsi publik pada 27 Oktober 2023 mendatang lengkap dengan materi-materi istimewa yang belum pernah rilis sebelumnya. 

Fitur bonus pada koleksi album terakhir Nirvana teranyar ini nantinya mencakup 53 lagu yang belum pernah rilis, termasuk dua konser lengkap dari tur In Utero yang juga belum pernah rilis.

Kemasan In Utero: 30th Anniversary meliputi satu set album super deluxe 8LP, kotak super deluxeSCD, dan edisi 1 LP + 10, edisi deluxe 2 keping CD, dan edisi super deluxe digital. 

Edisi super deluxe tersebut berisikan 72 lagu termasuk konser Live in Los Angeles (1993) dan penampilan terakhir Nirvana di Seattle, Live in Seattle tahun 1994. Kemudian, juga akan ada enam bonus tambahan lagu live dari pertunjukan di Roma, Springfield, dan New York.

Berdasarkan keterangan pers yang dikutip oleh Spin, produser dan Music Engineering asal Seattle, Jack Endino, yang berada di belakang dewan direksi untuk debut Nirvana pada tahun 1988 silam, merekonstruksi lagu live dari kaset papan suara stereo. 

Selain itu, album juga menghadirkan lagu dan edisi musik asli Nirvana, mulai dari Frances Farmer Will Have Her Revenge On Seattle, Dumb, Very Ape, Tourette’s, dan All Apologies serta lima lagu bonus dan b-side baru hasil remaster kaset stereo master analog asli oleh Bob Weston di Chicago Mastering Services.

Weston merupakan salah satu Music Engineering yang membidani album In Utero versi awal yang masih dalam format kaset. 

Versi fisik super deluxe dari In Utero: 30th Anniversary menampilkan album dan rekaman live yang dicetak pada vinil 180 gram, sampul panel akrilik, buku 48 halaman dengan foto yang belum pernah rilis, fanzine baru 20 halaman, Los Litograf konser Angeles, dua potongan tiket, replika ponsel Angel promosi, tiga selebaran konser, laminasi tur semua akses, dan empat tiket akses belakang panggung.

Album In Utero yang rilis pada 21 September 1993 silam merupakan album Nirvana pertama yang sukses bertengger di puncak Billboard 200. Pencapaian tersebut berakhir pedih karena diiringi dengan kematian Kurt Cobain yang tewas bunuh diri di Seattle setelah pergulatan panjang dengan narkoba dan depresi. Kurt Cobain meninggal pada 5 April 1994 saat masih berusia 27 tahun.***

Foto: Instagram/isitanddrinkpennyroyaltea

Editor: Raka A. Firmansyah

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.