19.5 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024

Latest Posts

Peneliti BRIN : Bumi akan Gelap Selama Tiga Hari, itu Hoax

Wartain.com || Apa benar planet bumi akan menggelap selama 3 hari atau 72 jam? Peneliti Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) punya penjelasannya.

Sebelumnya tersiar informasi di media sosial WhatsApp bahwa Bumi akan mengalami kegelapan selama tiga hari. Dalam video tertulis peristiwa yang terjadi pada 8 April, yang sebenarnya akan terjadi peristiwa alam Gerhana Matahari Cincin di sebagian wilayah, termasuk Amerika Serikat (AS) dan Kanada.

Atas viralnya kabar itu, Ahli Astronomi dan Astrofisika BRIN, Thomas Djamaluddin menegaskan informasi itu hoax.

“Narasi bahwa Bumi memasuki sabuk foton atau sabuk foton juga tidak dikenal dalam sains. Hoax serupa tentang kegelapan di Bumi sudah menyebar sebelumnya dengan berbagai penyebab,” kata dia.

Secara alam, ia menyampaikan bahwa Gerhana Matahari Cincin puncak memang menghasilkan minimnya cahaya namun dalam tempo sementara.

Sehingga kabar bahwa planet Bumi akan alami kegelapan selama hari-hari adalah kabar hoax, dan “Bumi memang pernah alami kegelapan total bertahun=tahun karena tumbukan asteroid sekitar 10 km, itu terjadi 66 juta tahun yang lalu.” pungkasnya.***

Foto : CNBC Indonesia

Editor : Aab Abdul Malik

(SRM)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.