19.5 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024

Latest Posts

Sebanyak 1.136 Orang, Ikuti Bimtek Pilkades Serentak Tahun 2023.

Wartain.com, Sukabumi || Sebanyak 1.136 orang, panitia dan panwas Pilkades, diberikan Bimbingan Teknis (Bimtek), untuk Pilkades serentak tahun 2023, bertempat di Hotel Sukabumi Indah, Jalan Selabintana, Senin 12/07/2023.

Kegiatan Bimtek tersebut, di buka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri. Dalam sambutannya Wabup mengingatkan, para Panitia Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) dan Panitia Pengawas, untuk bekerja sesuai aturan, ini demi kondusifitas pelaksanaan Pilkades serentak di Kabupaten Sukabumi, tahun 2023.

“Bekerjalah dengan normatif, sesuai ketentuan berlaku. Semua ini demi kondusifitas di wilayah pemilih benar-benar terjaga”, ujarnya saat memberikan arahan sekaligus membuka pembekalan teknis Pilkades serentak siklus 2 gelombang 2 tahun 2023.

Apalagi,pelaksanaan Pilkades serentak kali ini, bertepatan dengan tahapan pemilu legislatif dan presiden. Sehingga, suasananya diprediksi relatif menghangat.

“Selain itu, Pilkades ini tingkat emosionalnya tinggi. Sebab, calon yang diusung warga desa itu sendiri. Hal semacam ini bisa diminimalkan oleh panitia lewat pelaksanaan yang sesuai aturan,” sambungnya .

Maka dari itu, Kang Iyos meminta peserta pembekalan teknis ini, bisa memahami sejumlah materi yang disampaikan. Sebab hasil dari pembekalan ini, akan diaplikasikan langsung melalaui Pilkades serentak.

Kegiatan Bimtek, di buka oleh Wakil Bupati Sukabumi H. Iyos Somantri.

“Ikuti secara penuh pembekalan ini. Semua ini demi kondusifitas desa kita. Kita ingin pelaksanaan pilkades ini aman, tertib, dan lancar,” tutup Wabup.

Sementara itu, Plh Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Sukabumi, Wawan Godawan mengatakan, terdapat 1.136 peserta yang mengikuti pembekalan teknis Pilkades serentak secara bergantian. Mereka terdiri dari 781 Panitia Pilkades dan 355 Panitia Pengawas.

“Kegiatan ini dilaksanakan selama beberapa hari ke depan. Jadi Panitia Pilkades dan pengawas diberikan pembekalan secara bergantian dari semua desa yang melaksanakannya tahun ini,” bebernya.

Menurutnya, terdapat sekitar 71 desa yang tersebar di 38 kecamatan yang melaksanakan Pilkades serentak. Maka dari itu, pembekalan teknis ini sangat diperlukan, agar semuanya satu persepsi dalam penyelenggaraan pilkades.

“Jadi panitia dan pengawas Pilkades ini akan diberikan pemahaman terkait regulasi penyelenggaraannya, termasuk untuk menyamakan persepsi berkaitan aturannya,” pungkas Wawan.

(Rd. Haraqi Siliwangi/ Isop)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.