19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Tak Terima Atas Kepemimpinan Wasit Kabirov, PSSI Resmi Layangkan Nota Protes ke AFC

Wartain.com || Atas kontroversi yang dilakukan wasit, Ketua Badan Tim Nasional (BTN) PSSI Sumardji menyatakan nota protes terkait kepemimpinan wasit sudah dikirim ke AFC terkait pertandingan Qatar vs Indonesia di fase grup Piala Asia U-23 2024.

“[Surat protes ke AFC] sudah dikirim barusan,” kata Sumardji kepada CNNIndonesia.com, Selasa 16/04/2024.

Dalam pernyataan keberatannya, PSSI juga menyertakan empat bukti video keputusan wasit asal Tajikistan, Nasrullo Kabirov yang dianggap janggal. Keempat video itu berisi momen-momen kunci yang dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23.

12 Jam Berlalu, Instagram Wasit Kabirov Dihujani 500 Ribu Komentar
Video pertama merupakan momen pelanggaran Ivar Jenner yang berbuah kartu kuning pertama di menit ke-14.

Saat itu Ivar Jenner tengah berduel fifty-fifty dengan pemain Qatar, Mahdi Salem. Wasit menganggap Jenner melakukan tindakan ofensif dengan kaki sehingga diganjar kartu kuning.

Video kedua berisi insiden tangan pemain Qatar, Jassem Gaber Abdulsallam yang mengenai wajah Pratama Arhan ketika sedang mempertahankan bola. Protes terhadap Arhan tak digubris wasit usai tindakan itu.

Lalu video ketiga merupakan momen pelanggaran Rizky Ridho di dalam kotak penalti pada menit ke-40. Ridho nampak berupaya mencegah pergerakan Mahdi Salem yang ingin memenangkan bola dari umpan lambung. Namun wasit menyatakan Ridho melakukan kesalahan terhadap Salem.

Pelanggaran yang dinyatakan lewat keputusan VAR ini membuahkan tendangan penalti untuk Qatar. Tuan rumah sukses memanfaatkan kesempatan untuk membuka keran gol lewat titik putih.

Video terakhir yang dikirim PSSI adalah momen kartu kuning kedua sekaligus kartu merah terhadap Ivar Jenner di awal babak kedua. Jenner dianggap melakukan kesalahan fatal terhadap Saif Eldeen Hassan pada menit ke-47.

Bermain dengan 10 pemain membuat Indonesia kesulitan mencari ruang meski tempo permainan tidak mengendur. Di saat yang sama, kalah jumlah pemain membuat Qatar memanfaatkan situasi dengan menggandakan keunggulan di menit ke-54.

Tendangan bebas Al Rawi dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau Ernando Ari. Bola yang lebih dulu membentur tiang memantul ke dalam gawang.

Timnas Indonesia U-23 terpaksa menelan pil pahit dengan kekalahan 0-2 pada laga pembuka babak penyisihan Grup A Piala Asia U-23 2024. Hasil ini membuat Indonesia berada di dasar klasemen sementara tanpa poin.***

Foto : tangkapan layar/ RCTI

Editor : Aab Abdul Malik

(Redaksi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.