19.5 C
New York
Selasa, Juni 25, 2024

Latest Posts

BMKG Prediksikan Hujan Di Wilayah Indonesia Masih Rendah 

Wartain.com, Jakarta || Kemarau panjang masih menghantui sebagian besar wilayah Indonesia. Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan curah hujan kategori rendah (kurang dari 100 mm per bulan) terjadi pada Agustus hingga Oktober. Hal ini juga dampak dari fenomena El Nino.

“Berdasarkan prediksi curah hujan bulanan BMKG, beberapa wilayah akan mengalami curah hujan bulanan dengan kategori rendah (0 – 100 mm/bulan), utamanya pada Agustus – September – Oktober,” kata BMKG dikutip dari laman resminya, Minggu 10/09/2023.

BMKG menjelaskan hujan dengan kategori rendah itu akan terjadi pada wilayah Sumatera bagian tengah hingga selatan, pulau Jawa, Bali hingga Nusa Tenggara, Kalimantan bagian selatan, sebagian besar Sulawesi, sebagian Maluku Utara, sebagian Maluku dan Papua bagian selatan.

“Oleh karena itu, kita perlu meningkatkan kewaspadaan pada bulan-bulan tersebut. Terlebih lagi, ada banyak wilayah di Indonesia yang akan memasuki puncak musim kemarau pada bulan-bulan tersebut,” jelas BMKG.

Dalam pemaparan Diskusi Publik Quick Response Penanganan Kualitas Udara di DKI Jakarta, BMKG juga membuat perkiraan curah hujan dari bulan September hingga awal tahun depan.

Berikut informasinya:

Hujan September – Oktober 2023

Curah hujan pada umumnya kategori rendah-menengah. Untuk curah hujan pada umumnya berada pada kategori rendah-menengah. Curah hujan rendah diprediksi di Jambi, Bengkulu, Sumatera Selatan, Lampung, Bangka Belitung, Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, DIY, Jawa Timur, Bali, NTB, NTT, sebagian Kalimantan Barat, sebagian besar Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, sebagian Kalimantan Timur bagian selatan, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Barat bagian selatan, sebagian Sulawesi Tengah, Gorontalo, sebagian Sulawesi Utara, sebagian Maluku dan sebagian Papua bagian selatan.

Hujan November 2023

Umumnya terjadi curah hujan rendah dan menengah. Untuk Curah hujan rendah terjadi pada sebagian Lampung, sebagian Banten, sebagian Jawa Barat, sebagian Jawa Tengah, DIY, sebagian Jawa Timur, sebagian Bali, sebagian NTB, sebagian NTT, sebagian Kalimantan Selatan bagian selatan, sebagian Sulawesi Selatan, sebagian besar Sulawesi Tenggara, sebagian Sulawesi Tengah dan sebagian Papua bagian selatan .

Hujan Desember 2023

Pada bulan ini, umumnya curah hujan berada pada kategori menengah tinggi. Untuk curah hujan rendah masih terjadi pada sebagian Papua Barat.***

Sumber/Foto : CNBC Indonesia/BMKG

Editor : Aaba Abdul Malik

(Tim)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.