19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Gelar Pelatihan Interoperabilitas Data Statistik

Wartain.com || Dinas Komunikasi Informatika dan Persandian (Diskominfosan) Kabupaten Sukabumi melalui Bidang Statistik menggelar pelatihan Interoperabilitas data statistik. Pelatihan ini menjadi sangat penting mengingat interoperabilitas adalah kemampuan aplikasi dan sistem untuk secara aman dan otomatis bertukar data tanpa memandang batas-batas geografis, organisasi.

Pelatihan berlangsung di Hotel Sukabumi Indah, Selasa 09/07/2024 dan diikuti oleh pengelola data dari setiap Perangkat daerah kabupaten Sukabumi

Seperti diketahui, data memiliki fungsi yang sangat penting bagi kinerja dan kelancaran kerja suatu instansi pemerintah. Instansi pemerintah membutuhkan penyusunan data yang baik agar dapat membantu para pimpinan/pengambil kebijakan dalam menyusun rencana kegiatan dan mengambil sebuah keputusan. Data yang baik dapat disusun dalam sebuah database (basis data) di dalam pemerintahan.

Karenanya statistik mempunyai peranan yang sangat penting, di antaranya untuk perencanaan pembangunan.

Data dan informasi statistik dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan (trend) yang akan terjadi pada masa datang menentukan prioritas dalam pelaksanaan pembangunan dan dijadikan acuan dalam evaluasi, pengendalian kegiatan pembangunan memperkirakan antisipasi terhadap bencana, risiko dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan.

Diskominfosan Kabupaten Sukabumi Gelar Pelatihan Interoperabilitas Data Statistik

Dalam sambutannya, Kadis Kominfo Kab Sukabumi, Mubtadi Latip mengatakan dengan data-data yang dimiliki, pemerintah akan lebih mudah untuk mengambil suatu kebijakan untuk mendukung pembangunan daerah.

“Perlu sinergitas antara BPS sebagai penyedia data dasar dan organisasi perangkat daerah sebagai penyedia atau sumber statistik sektoral. disinilah diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif dari perangkat daerah dalam hal penyediaan data sektoral,” jelasnya.

Dengan data sektoral yang akurat dan berkualitas maka pembangunan akan lebih terarah. jika data sektoral ini sudah terbangun di masing-masing OPD, maka percepatan informasi serta pengambilan kebijakan akan lebih terarah.pelayanan publik lebih cepat, mudah dan murah.

Untuk kemudahan pengelolaan data, Saat ini kabupaten sukabumi telah mempunyai portal data yaitu Satu Data dan Open Data Kabupaten Sukabumi yang dapat diakses sebagai sarana bagi pakai data.

“Kami ucapkan terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya untuk BPS kabupaten sukabumi dan Tim jabar digital service yang telah berkenan hadir dan memberikan ilmunya untuk kami semua, kepada para peserta selamat mengikuti pelatihan. mari terus bersinergi dan bekerjasama untuk mewujudkan satu data kabupaten sukabumi,” pungkasnya.***

Foto : Pemkab Sukabumi

Editor : Aab Abdul Malik

(Intan)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.