19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Hukum dan Keutamaan Menyembelih Hewan Qurban

Wartain.com || IHari Raya Idul adha identik dengan melaksanakan pemotongan hewan qurban.

Di bawah ini disajikan  beberapa hadist yang menyebutkan tentang keutamaan dan pentingnya melaksanakan qurban:

1. Keutamaan Berqurban

– Dari Aisyah radhiyallahu ‘anha, Rasulullah SAW bersabda:

“Tidak ada amalan yang dilakukan oleh anak Adam pada hari Nahr (Idul Adha) yang lebih dicintai oleh Allah selain dari menyembelih hewan qurban. Sesungguhnya hewan qurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk-tanduknya, bulu-bulunya, dan kukunya. Dan sesungguhnya darah qurban itu telah mendapatkan tempat di sisi Allah sebelum mengalir ke tanah. Maka bersihkanlah jiwa kalian dengan berqurban.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah dan Hakim)

2. Keutamaan Hewan Qurban

– Dari Zaid bin Arqam radhiyallahu ‘anhu, para sahabat bertanya: “Wahai Rasulullah, apakah qurban itu?” Beliau menjawab: “Itu adalah sunnah ayah kalian Ibrahim.” Mereka bertanya lagi: “Apa yang kita peroleh darinya?” Beliau menjawab: “Setiap helai rambut adalah kebaikan.” Mereka bertanya lagi: “Bagaimana dengan bulu-bulunya?” Beliau menjawab: “Setiap helai bulunya adalah kebaikan.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

3. Kewajiban bagi yang Mampu

– Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah SAW bersabda: “Barangsiapa yang memiliki kelapangan (rezeki) dan tidak berqurban, maka janganlah dia mendekati tempat salat kami.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah)

Hadis-hadis tersebut menunjukkan betapa pentingnya melaksanakan qurban bagi yang mampu dan bagaimana amal tersebut sangat dicintai oleh Allah SWT. Qurban tidak hanya sebagai bentuk ibadah dan ketaatan kepada Allah, tetapi juga memiliki dampak sosial yang besar dengan membantu mereka yang membutuhkan.

Melaksanakan qurban memiliki banyak keutamaan dalam Islam. Berikut adalah beberapa di antaranya:

1. Mengikuti Sunnah Nabi Ibrahim AS

Qurban adalah bentuk mengikuti teladan Nabi Ibrahim AS yang bersedia mengorbankan putranya Ismail AS atas perintah Allah SWT sebagai tanda ketaatan dan kepasrahannya.

2. Mendekatkan Diri kepada Allah SWT

Kata “qurban” sendiri berasal dari kata “qarib” yang berarti dekat. Melaksanakan qurban adalah cara untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Menunjukkan Ketaatan dan Kepatuhan

Berqurban adalah bentuk ketaatan dan kepatuhan kepada perintah Allah SWT, sebagaimana disebutkan dalam Al-Quran dan hadis.

4. Menghapus Dosa

Menurut beberapa hadis, qurban dapat menjadi sarana untuk menghapus dosa-dosa yang telah lalu.

5. Membantu Sesama

Daging qurban dibagikan kepada yang membutuhkan, baik kaum fakir miskin maupun kerabat dan tetangga, sehingga dapat mempererat hubungan sosial dan menumbuhkan rasa kebersamaan.

6. Mendapat Pahala Berlipat Ganda

Melaksanakan qurban di hari raya Idul Adha adalah salah satu amal yang sangat dicintai oleh Allah SWT dan mendapatkan pahala yang besar.

7. Memperoleh Syafaat di Hari Kiamat

Diriwayatkan dalam beberapa hadis bahwa hewan qurban akan menjadi saksi bagi orang yang berqurban di hadapan Allah SWT di hari kiamat dan akan memberikan syafaat bagi pelakunya.

8. Memperkokoh Tauhid

Qurban adalah bentuk pengakuan bahwa semua nikmat yang dimiliki berasal dari Allah SWT dan bentuk syukur atas segala rezeki yang diberikan.

Dengan melaksanakan qurban, seorang Muslim tidak hanya menjalankan perintah agama tetapi juga memperkuat ikatan sosial dan menunjukkan kepedulian terhadap sesama.***

Foto : pngtree

Editor : Aab Abdul Malik

(Intan)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.