19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

P2TP2A Kabupaten Sukabumi Bersama Pemerintah Kecamatan Gunungguruh Gelar Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak di Bawah Umur 

Wartain.com || Pemerintah Kecamatan Gunungguruh bersama Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak (P2TP2A) mengadakan Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak di Bawah Umur yang dilaksanakan di Aula GOR PGRI Gunungguruh, Rabu 12/06/2024.

Sosialisasi ini bertujuan supaya masyarakat memahami bahwa pernikahan dibawah umur atau pernikahan dini berbahaya bagi dirinya dan keturunannya.

Dalam arahannya, Camat Gunungguruh Kusyana S.Ip K.P, M.Si, memberikan  pemahaman bagaimana pentingnya  materi yang disampaikan dalam kegiatan    sosialisasi tersebut.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini bisa menambah wawasan dan edukasi kepada orang tua yang anaknya ingin menikah dibawah umur,” ucapnya.

“Dengan sosialisasi ini juga kepada para kepala desa dan stakeholder terkait, bisa meminimalisir atau menghindari dibawah umur dengan harapan bisa memutus mata rantai pernikahan dibawah umur,” tambahnya.

P2TP2A Kabupaten Sukabumi Bersama Pemerintah Kecamatan Gunungguruh Gelar Sosialisasi Pencegahan Perkawinan Anak di Bawah Umur  (foto : wartain.com/Intan)

Diketahui, dalam UU no 16 tahun 2019 mengatur bahwa perkawinan hanya di izinkan jika pria dan wanita sudah mencapai usia 19 tahun.

Sosialisasi tersebut diisi 2 materi dari P2TP2A yang pertama Dra Hj Elis Muslimah, MM menjelaskan ada beberapa faktor yang menjadi penyebab praktik perkawinan anak diantaranya faktor Ekonomi/kemiskinan, nilai budaya/tradisi, regulasi, globalisasi/perilaku remaja dan ketidaksetaraan gender.

“Ketangguhan keluarga, ketangguhan bangsa adalah Ibu sebagai pondasi rumah tangga dan Bapak sebagai pemimpin rumah tangga,” tutur Elis.

Pemateri ke 2 yaitu Heni Rahmawati, menyampaikan tata cara   mengenai mekanisme permohonan dispensasi nikah.

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Desa se-Kecamatan Gunungguruh dan dari berbagai stakeholder terkait.***

Foto : wartain.com/Intan

Editor : Aab Abdul Malik

Reporter : Intan Fitri Utami

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.