19.5 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024

Latest Posts

Ganjar Pranowo : Kedepan Gaji Guru Harus Sebanding Manajer Perusahaan 

Foto by : campusnesia

Wartain com, Jakarta || Bakal Calon Presiden RI dari PDI-P, Ganjar Pranowo, mengungkapkan gaji guru di Indonesia terbilang sangat memprihatinkan. Banyak pendidik yang penghasilannya di bawah Rp 1 juta per bulan.

Ganjar berujar, guru di Indonesia idealnya digaji di kisaran Rp 30 juta per bulan, sehingga tak kalah dengan penghasilan para manajer di perusahaan-perusahaan besar.

Dengan gaji yang besar pula, maka secara otomatis bisa menarik talenta-talenta cerdas di Tanah Air untuk mengabdikan diri menjadi pahlawan tanpa tanda jasa.

“Dugaan saya orang pintar mau jadi guru (gaji pertama Rp 10 juta). Kalau kemudian sekian tahun bisa Rp 20 juta, bisa (naik lagi) Rp 30 juta. Nggak usah cerita Rp 50 juta, Rp 30 juta (gaji guru yang layak),” ucap Ganjar dikutip dari akun YouTube Rheinald Kasali, Jumat 08/09/2023.

Gaji sebesar Rp 30 juta itu berlaku untuk guru yang sudah beberapa tahun mengajar. Sementara untuk guru yang baru mengajar di tahun-tahun pertama, bayaran yang layak adalah Rp 10 juta per bulan.

Kisaran perhitungan gaji yang layak versinya tersebut, kata dia, bukan asal hitung. Tapi sudah dihitung dengan cermat oleh ahli keuangan dan pakar pendidikan yang dimintai dirinya secara pribadi untuk melakukan perhitungan.

“Saya kemarin minta tolong teman-teman yang ahli pendidikan dan keuangan, saya bayangkan kalau guru kita masuk pertama, masih baru gajinya Rp 10 juta,” kata Ganjar.

Bagaimana merealisasikannya?

Ganjar mengungkapkan, merealisasikan gaji guru di Indonesia di kisaran Rp 30 juta sebulan tanpa membebani keuangan negara bukanlah hal yang mustahil.

Menurutnya, Indonesia saat ini hingga beberapa tahun ke depan tengah dalam kondisi yang sangat diuntungkan oleh bonus demografi.

Apabila pemerintah bisa memanfaat bonus demografi ini, Indonesia bisa melakukan lompatan dalam berbagai hal di bidang ekonomi, sehingga penerimaan negara juga bisa ikut terdongkrak.

“Saya coba hitung dong, hari ini saya minta tolong, kalau anggaran kita keluarkan agar bonus demografi itu betul-bentul kita swicth, ending-nya kita dapat dividen (keuntungan). Saya minta hitung, bisa mulai dari berapa (gaji guru),” tegas Ganjar Pranowo.

Saat ini, Ganjar mengaku masih terus mendiskusikan format bagaimana merealisasikan gaji guru yang layak tersebut bersama dengan pakar pendidikan dan keuangan.

Hal inilah yang nantinya bisa saja ia terapkan apabila memang mendapatkan mandat memimpin negara ini pada Pilpres 2024 mendatang. Perbaikan gaji guru bisa menjadi program pemerintah.

“Makanya saya sampaikan dulu, bahwa saya sekarang lagi minta tolong coba dihitung, berapa, dan kita bisa mulai dari berapa. Guru lho, karena dari mereka bisa ada orang seperti kita,” beber Ganjar.

“Sebenarnya pemerintah kita sudah mulai melakukan standarisasi sertifikasi (guru), dan itu jelas sangat membantu. Maksud saya ketika ada indikator-indikator bisa menaikkan, yang saya bayangkan tuh begini bisa nggak ya gaji guru itu minimal Rp 30 juta, kalau itu dilakukan bertahap kapan dimulai,” tambah dia.

Ia mengaku, upaya perbaikan kesejahteraan guru sudah ia terapkan saat dirinya masih menjabat sebagai Gubernur Jawa Tengah. Di provinsi yang ia pimpin, gaji guru sudah diupayakan setara dengan minimal upah minimum yang berlaku.

“Saya cek dengan bayaran sekitar Rp 200.000 – Rp 300.000, saya tetapkan saja. Sekarang saya paksa, hitung, seluruh guru minimal UMK,” beber Ganjar.

Ganjar mengaku miris dengan kondisi ekonomi para guru yang dibayar pas-pasan. Banyak para pahlawan tanpa tanda jasa ini hanya dibayar di bawah Rp 1 juta dalam sebulan.

Bahkan, kata dia, banyak pendidik yang terjerat pinjaman online. Setelah perbaikan kesejahteraan dengan menyamakan gaji guru minimal setara UMK, menurutnya para guru sudah bisa menata keuangan lebih baik.

“Ditanyalah beberapa guru yang sudah sekian tahun yang sudah (digaji) UMK, saya tanya, sekarang sudah bisa punya usaha, menata kredit rumah, ini lompatan tinggi,” ungkap dia.***

Sumber : kompas com

Editor : Aab Abdul Malik

(Rd. Haraqi Siliwangi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.