19.5 C
New York
Sabtu, Juni 15, 2024

Latest Posts

Sambut 1 Muharam 1445 H, Desa Sirnaresmi Gelar Gebyar Tahun Baru Islam

Wartain.com, Sukabumi || Tepat di hari ini, umat Islam di seluruh dunia rayakan tahun baru Islam 1 Muharram 1445 H. Banyak kegiatan yang di lakukan masyarakat khususnya di Indonesia, dalam menyambut tahun baru Islam, di mulai dari pawai obor, tabligh akbar, dan kegiatan keagamaan lainnya.

Hal tersebut juga di lakukan oleh masyarakat Desa Sirnaresmi, Kecamatan Gunungguruh, Kabupaten Sukabumi. Pemerintah Desa Sirnaresmi, gelar acara yang bertajuk Gebyar Tahun Baru Islam, bertempat di Lapangan Desa Sirnaresmi, Selasa, 18/07/2023.

Dalam acara hari ini turut hadir Kepala Desa Sirnaresmi, Ketua MUI Desa Sirnaresmi, Muspika Kecamatan Gunungguruh, Aparatur desa, dan tokoh masyarakat lainnya.

Gebyar 1 Muharam 1445 H Di Desa Sirnaresmi Kecamatan Gunungguruh Kabupaten Sukabumi

Terpantau kontributor yang ada di lapangan, masyaraka sangat antusias mengikuti acara ini, ribuan masyarakat tumpah ruah  ikut serta dalam gelaran kali ini, yang di awali dengan pawai obor.

Rangkaian acara di awali oleh pawai obor, dimulai dari area pabrik semen SCG dan berakhir di Lapangan Desa Sirnaresmi. Selain pawai obor, masyarakat juga menumpahkan kreatifitasnya dengan membuat berbagai macam hiasan, seperti miniatur Ka’bah, perahu, miniatur masjid, dan masih banyak lagi.

Acara kali ini merupakan rangkaian puncak dari Gebyar Tahun Baru Islam, sebelumnya telah di adakan berbagai macam perlombaan yang di adakan di kantor desa seperti, perlombaan adzan, pidato, hadrah dan qasidah, tahfidz qur’an, mewarnai, menggambar, dan di akhiri dengan perlombaan parade bedug.

Kepala Desa Sirnaresmi H. Andi Sukandi S.E menuturkan, acara ini merupakan bentuk syukur Kepada Allah SWT dalam rangka menyambut Tahun Baru Islam.

Pawai Obor Qarani Karnaval Sambut Tahun Baru Islam

“Ini adalah salah satu bentuk syukur kita kepada Allah SWT, dalam rangka tahun baru Islam, dimeriahkan dengan berbagai macam perlombaan, ada pidato, adzan, hadrah kemudian qasidah dan sekarang yang terakhir tabuh bedug,” tuturnya kepada wartain.com

Beliau menambahkan, dalam rangkaian acara kali ini juga ada santunan kepada anak yatim. Hal ini tak lepas dari sumbangsih warga, dan para donatur yang turut serta dalam acara ini.

“Sumber dana dari SCG dan para donatur warga, dan termasuk santunan yatim juga tersalurkan kepada 108 yatim piatu dari berbagai wilayah di Desa Sirnaresmi,” tambahnya.

“Harapan kita (di tahun mendatang) bisa terlepas dari berbagai macam bencana, dan wabah penyakit, sebab di tahun lalu kita berjibaku dengan masalah covid, jadi kita tidak bisa melaksanakan (acara) tahun baru khususnya pemerintah desa, karena masih di larang oleh pemerintah pusat,” pungkasnya.***

(Aab/Raka Azi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.