19.5 C
New York
Minggu, Juni 16, 2024
Beranda blog

Cycling De Jabar 2023, Sekda Ade : Momentum Promosi Potensi Wisata Kabupaten Sukabumi

0

Wartain.Com, Sukabumi || Kabupaten Sukabumi akan menjadi bagian dari kegiatan Cycling de Jabar 2023. Kegiatan bersepeda sepanjang 367,5 KM dari Ciletuh hingga Pangandaran ini, akan dijadikan ajang promosi pariwisata Kabupaten Sukabumi. Apalagi start kegiatan tersebut di kawasan Ciletuh-Palabuhanratu Unesco Global Geopark (CPUGGP).

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi Ade Suryaman mengatakan, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan menampilkan berbagai kegiatan dalam perhelatan tersebut. Hal itu dimulai dari pertunjukan kesenian hingga bazar UMKM.

“Kegiatan Cycling de Jabar 2023, rencananya akan dimulai 8-9 Juli. Namun, kita berencana menggelar pesta rakyat dengan menampilkan potensi kebudayaan hingga UMKM sejak 7 Juli. Kami ingin potensi Kabupaten Sukabumi terekspos dalam kegiatan ini,” ujarnya saat audiensi bersama Perwakilan Pemprov Jabar dan Kompas Media di Pendopo Sukabumi, Kamis, 25/05/2023.

Berbagai persiapan di tingkat Kabupaten Sukabumi pun sudah dilaksanakan, termasuk rencana kerjasama dengan berbagai pengisi acara dan pelaku UMKM.

“Ini kesempatan mengekspos kawasan geopark. Jadi kita semua harus kompak. Apalagi, kegiatan ini merupakan yang kedua kalinya dilaksanakan di Ciletuh,” ucapnya.

Kepala Dispora Jabar Asep Sukmana menambahkan, kegiatan ini menguntungkan dalam ajang promosi potensi bagi setiap daerah yang dilewati. Terutama bagi Kabupaten Sukabumi yang menjadi titik pertama dimulainya kegiatan tersebut.

“Ini bukan hanya bersepeda, namun sport tourism. Jadi mempromosikan olahraga, pariwisat, dan UMKM,” ujarnya.

Menurutnya, terdapat lima daerah yang akan dilewati selama pelaksanaan Cycling de Jabar ini. Hal itu dimulai dari Sukabumi, Cianjur, Tasik, Garut, hingga Pangandaran.

Kelebihan Jabar selatan kita tampilkan dalam pelaksanaan ini,” bebernya.

Perwakilan Kompas Media Ari Setiawan mengatakan, akan ada sekitar 160 peserta yang terdiri atlet dan komunitas ikut dalam kegiatan tersebut. Mereka berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

“Cycling de Jabar ini, konsepnya touring dan ada lombanya yang memperebutkan hadiah hingga ratusan juta. Tema tahun ini ialah Nyambungkeun Sumanget (menyambungkan jiwa spirit-red)”, jelasnya.

Berkaitan kegiatan tersebut, di Kabupaten Sukabumi akan ada festival rakyat. Hal ini agar kemeriahan kegiatan lebih terasa bagi warga Kabupaten Sukabumi.

“Bahkan di Juni pun kami akan hadir di sekitaran lokasi acara untuk berbagi ilmu terkait manajemen penginapam hingga pemasarannya. Jadi, serunya acara ada di Sukabumi,” pungkasnya. (Aab/Intan)

Katrina Pimpin Kejati Jabar Menggantikan Endang Sarwestri, Pj Gubernur Sampaikan Hal Ini !

0

Wartain.com || Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin berharap Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jabar dibawah pimpinan barunya dapat terus bersinergi dengan Pemda Provinsi Jabar, khususnya dalam penegakan hukum dan mendukung program-program pemerintah.

Hal itu disampaikan Bey saat ditemui usai menghadiri acara pisah sambut Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jabar di Aula R Suprapto Kejati Jabar, Kota Bandung, Kamis (13/6/2024).

“Kami berharap bisa terus bersinergi,” ucapnya.

Kejati Jabar kini dipimpin Katarina Endang Sarwestri menggantikan Ade Tajudin Sutiawarman. Pelantikan Katarina Endang Sarwestri sebagai Kajati Jabar dilakukan langsung oleh Jaksa Agung RI ST. Burhanuddin di Aula Gedung Utama Kejaksaan Agung, Selasa (11/6/2024).

Ade Tajudin Sutiawarman mendapat promosi sebagai Sekretaris Badan Pendidikan dan Pelatihan Kejaksaan Agung.

Bey menuturkan, Katarina Endang Sarwestri sudah tidak asing lagi dengan Jabar. Jaksa perempuan ini pernah menjabat sebagai Asisten Bidang Pembinaan dan Asisten Bidang Tindak Pidana Umum di Kejati Jabar.

Sebelumnya, Katarina juga pernah menjabat Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Karawang dan Kajari Kota Bogor.

Dengan pengalamannya itu, Katarina dirasa sudah paham dengan kondisi Jabar dan bisa cepat beradaptasi.

“Ibu Katarina pernah bertugas di Jabar, jadi sudah tidak asing lagi dan paham betul,” kata Bey.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas dedikasi Ade Tajudin Sutiawarman yang selama lebih dari setahun mengawal penegakan hukum di Jabar.

“Terima kasih kepada Pak Ade atas dedikasinya selama di Jabar,” ucap Bey.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Peringati HUT Bhayangkara ke-78, Polrestabes Bandung Gelar LKBB dan Pengaturan Lalu Lintas

0
Oplus_0

Wartain.com || Polrestabes Bandung, Kapolrestabes Cup resmi dibuka oleh Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Dr. Budi Sartono S. I. K. M. Si, M. Han, di indoor Saparua Kota Bandung, Sabtu 15/06/2024.

Pembukaan lomba baris berbaris dan pengaturan lalu lintas digelar dalam rangka menyambut Hut Bhayangkara ke 78, yang dibuka langsung oleh Kapolrestabes Bandung.

Lomba baris berbaris variasi 12 gerakan pengaturan lalu lintas Kapolrestabes Cup tingkat SMP/MTs dan SMA sederajat se Jawa Barat. Polrestabes Bandung bekerja sama dengan pembimbing siswa melakukan suatu kegiatan yang bersifat Edukatif dan disiplin serta kekompakan dalam suatu kelompok.

Lomba baris berbaris bertujuan untuk mengukur kekompakan disiplin dan jiwa Nasionalisme bagi para siswa siswi terbaik se Jawa Barat. Lomba baris berbaris diikuti sebanyak 44 peserta se Jawa Barat dalam rangka Hut Bahyangkara ke 78.

Kapolrestabes menjelaskan digelarnya lomba baris berbaris tingkat SMP, /MTs dan SMA, SMK/MA sederajat dalam rangka HUT Bhayangkara 78 untuk menerapkan prinsip dasar Kedisiplinan secara sinergi, dan sikap sportifitas lewat kegiatan lomba baris berbaris.***

Foto : Humas Polrestabes Bandung

Editor : Aab Abdul Malik

(Redaksi)

Kajati Jabar Lantik Sejumlah Pejabat Eselon III, Kini Kejari Kab.Sukabumi Dipimpin Romiyasi

0

Wartain.com – Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Barat, Katarina Endang Sarwestri, SH., MH., melantik sejumlah pejabat eselon III di Aula R Soeprapto Kejati Jabar, Kamis 13/06/2024.

Diantara pejabat yang dilantik yakni Romiyasi,SH., MH., yang kini menjabat sebagai Kepala kejaksaan Negeri kabupaten Sukabumi menggantikan Siju SH. MH., yang saat ini mendapatkan amanah sebagai Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) di Kejaksaan Tinggi Kalimantan Barat.

Dalam sambutannya, Kepala Kejati Jabar, Katarina Endang Sarwestri, SH., MH., meminta para Pejabat yang baru dilantik agar melaksanakan tugas dengan penuh tanggung jawab.

“Ini merupakan sebuah kesempatan untuk dapat mendedikasikan diri secara sungguh-sungguh, juga sebagai ladang pengabdian demi terselenggara dan terpenuhinya kepentingan masyarakat, bangsa, dan Negara”, ujar Katarina, Kamis (13/6/2024).

Katarina juga menyampaikan arahan Jaksa Agung yang meminta Kejaksaan lebih Humanis.

“Sejatinya Kejaksaan adalah pelayan masyarakat yang harus melayani sepenuh hati. Selain itu dalam setiap menjalankan tugas harus menanamkan prinsip-prinsip satu dan tak terpisahkan”, terang Katarina.

Katarina juga meminta seluruh jajaran Kejati Jabar memastikan terlaksananya penegakan hukum yang humanis serta proporsional.

“Tentunya dengan memperhatikan nilai-nilai keadilan yang hidup di tengah masyarakat demi meningkatkan kepercayaan publik terhadap institusi kejaksaan”, katanya.

Selain itu, Katarina juga menegaskan agar para pejabat menjaga netralitas saat penyelenggaraan Pilkada serentak 2024.

“Jaga netralitas, independensi, dan objektivitas personil kejaksaan di satker masing-masing dalam penyelenggaraan pilkada nanti”, pintanya.

Pelantikan pejabat eselon III di lingkungan Kejati Jabar berdasarkan Surat Keputusan Jaksa Agung RI Nomor 121 tahun 2024 tanggal 21 Mei 2024.

Pejabat yang Dilantik Kajati Jabar
Berikut daftar pejabat yang dilantik Kajati Jabar pada Kamis (13/6/2024):

Dewa Gede Wirajana, SH., MH., yang dilantik menjadi Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Eko Adhyaksono, SH., MH., yang dilantik menjadi Asisten Intelijen pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Dwi Agus Arfianto, SH., MH., yang dilantik menjadi Asisten Tindak Pidana Khusus pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Yuli Wibowo, SH., yang dilantik menjadi Asisten Pidana Militer pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Irfan Wibowo, SH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bandung.

Muhamad Hamdan S, SH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Cirebon

Meilinda, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bogor.

Dr. Martha Parulina Berliana, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Purwakarta.

Imran Yusuf, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Bekasi.

Donny Haryono Setyawan, SH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung.

Dr. Irwanuddin Tadjuddin, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bogor.

Raden Sudaryono, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Ciamis.

Kamin, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Cianjur.

Romiyasi, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi.

Sri Haryanto, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kota Banjar.

Heru Widjatmiko, SH., MH., yang dilantik menjadi Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Tasikmalaya.

Muslih SH., MH., yang dilantik menjadi Koordinator pada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat.

Dari pantauan awak media, Pelantikan berjalan lancar penuh antusiasme para pejabat dari terlantik.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Selisih 0,2% Asep Japar Vs Petahana, pada Perhelatan Pemilukada Kabupaten Sukabumi 2024

0

Wartain.com || Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) di Kabupaten Sukabumi menjadi sorotan publik dengan Persentase Survei yang sangat ketat antara para Bakal calon Bupati Sukabumi 2023-2029.

Dalam kategori top of mind atau pilihan spontan masyarakat, Iyos Somantri menempati urutan pertama dengan raihan 14,8%, disusul oleh Asep Japar dengan raihan 14,6%, hanya terpaut 0,2%.

Hasil Survei Top of Mind:
Menurut survei, urutan lima survei teratas adalah sebagai berikut:

1. Iyos Somantri : 14,8%
2. Asep Japar : 14,6%
3. Desy Ratnasari: 6,1%
4. Budi Azhar Mutawali: 5,6%
5. Abu Bakar Sidik: 2,3%.

Asep Japar, bakal calon bupati dari Partai Golkar, mengungkapkan bahwa hasil survei tersebut menambah motivasi untuk terus berkarya dan bertemu masyarakat guna meningkatkan elektabilitas sebagaimana Arah DPP Golkar.

*Dukungan dan Optimisme Asep Japar:*

Ketua DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi, Marwan Hamami pun Menegaskan bahwa DPD Partai Golkar Kabupaten Sukabumi merekomendasikan Penuh Kepada Asep Japar, dan DPP Golkar akan sesegera mungkin memberikan rekomendasi kepada Asep Japar.

Menurutnya, Asep Japar sudah melakukan kerja nyata untuk membantu memenangkan Partai Golkar dan berjuang memenangkan Prabowo-Gibran pada Pileg dan Pilpres di Kabupaten Sukabumi kemarin.

Dan Hanya Asep Japar yang konsisten mengikuti tahapan seleksi Bacakada di Golkar, Asep Japar pun sudah memberikan yang terbaik bagi Partai Golkar Khususnya di Kabupaten Sukabumi.

Melihat Persentase hasil survei, Jawaban masyarakat yang Tidak tahu/ Tidak menjawab sebanyak 42.9% itu merupakan PR bagi Asep Japar bersama Partai Koalisi serta Seluruh Relawan Asep Japar untuk terus bergerak dan mensosialisasikan Asep Japar. Agar memenangkan pilkada Kabupaten Sukabumi tahun ini.

*Analisis Elektabilitas:*

Dari indikator elektabilitas, Asep Japar akan melihat terjadi pertarungan sengit antara petahana karena peluang mereka tidak jauh berbeda. Yang nanti akan menentukan adalah kekuatan dan pergerakan dari calon wakil bupati. Asep Japar juga optimistis bahwa kemenangan Pileg dan Pilpres bisa diikuti kemenangan dalam Pilkada Kabupaten Sukabumi mendatang.

Dengan demikian, perhelatan Pemilukada Kabupaten Sukabumi ini memang sangat menarik, terutama dengan peluang kemenangan Asep Japar yang terbuka Lebar.

*Sumber: Tim Organ Relawan Kang Asep Japar*

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Jelang Hari Raya Idhul Adha 1445H, Polres Sukabumi Laksanakan Ramp Check

0

Wartain.com || Jelang hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo, tinjau situasi arus kendaraan di pintu masuk wilayah Sukabumi utara.

Tony memantau persiapan dan kesiapan jajarannya jelang libur panjang Lebaran Idul Adha 2024 di exit tol Parungkuda, Sukabumi, Sabtu (15/06/2024).
Siang ini arus kendaraan yang masuk ke Sukabumi dari arah Jakarta, Bogor dan sekitarnya relatif padat normal.

Jelang hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah, Kapolres Sukabumi, AKBP Tony Prasetyo, tinjau situasi arus kendaraan di pintu masuk wilayah Sukabumi utara.
Tony memantau persiapan dan kesiapan jajarannya jelang libur panjang Lebaran Idul Adha 2024 di exit tol Parungkuda, Sukabumi, Sabtu (15/06/2024).
Siang ini arus kendaraan yang masuk ke Sukabumi dari arah Jakarta, Bogor dan sekitarnya relatif padat normal.

Menyambut Lebaran Idul Adha, Polres Sukabumi akan mengerahkan ratusan personil di sejumlah titik.

Jelang Hari Raya Idhul Adha 1445H, Polres Sukabumi Laksanakan Ramp Check

“Kami akan kerahkan 300 personil di beberapa titik, personil Polres diluar dari anggota Polsek,” tegasnya.

Didampingi Kasat Lantas Polres Sukabumi, AKP Fiekry AP, anggota Satlantas Polres Sukabumi dan Dinas Perhubungan (Dishub) melaksanakan ramchek kendaraan di pintu Tol Bocimi Parungkuda.

“Banyak kejadian konyol yang mengakibatkan nyawa orang mati sia-sia, maka menghadapi libur panjang ini kita memastikan kembali kendaraan yang masuk Sukabumi KIR nya layak dan kelengkapan berkendara telah sesuai,” ungkap Fiekry.

Lanjut Fiekry sasaran ramchek kali ini adalah Bus Pariwisata, Angkutan Umum, dan kendaraan bermuatan over kapasitas.

“Kurang lebih 20 kendaraan, kita lakukan penilangan agar ada efek jera, hal ini dilakukan guna meminimalisir kecelakaan,” tegasnya.***

Foto : Humas Polres Sukabumi

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Kemenparekraf Undang Pelaku Wisata Sejumlah Negara Famtrip ke Bali, Upaya Dukung BBTF 2024

0

Wartain.com || Upaya Dukung BBTF 2024, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf/Baparekraf) berkolaborasi dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia untuk Bulgaria dan Panama serta sejumlah industri menyelenggarakan kegiatan perjalanan wisata pengenalan atau familirization trip (famtrip) dengan mengundang pelaku wisata juga key opinion leader dan media dari masing-masing negara untuk melakukan kunjungan ke Bali dan sejumlah destinasi pariwisata di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno saat menyambut para peserta famtrip di Bali Collection, Nusa Dua, Bali, Jumat (14/6/2024), mengatakan kegiatan ini diharapkan dapat memperluas akses pasar wisatawan sekaligus menjaga eksistensi destinasi “Beyond Bali” sebagai top of mind destination bagi wisatawan mancanegara.

Famtrip yang menjadi bagian dari penyelenggaraan “Bali & Beyond Travel Fair 2024” ini juga mengundang pelaku wisata dari Arab Saudi.

“Tahun lalu peningkatan kunjungan dari Bulgaria hampir mencapai 33 persen, dari (negara-negara) Amerika Tengah mencapai 35 persen, dan Arab Saudi juga meningkat sekitar 30 persen. Momentum inilah yang kita gunakan untuk kita bisa gunakan menarik lebih banyak kunjungan wisatawan,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga mengatakan famtrip ini sangat penting untuk lebih mempromosikan Indonesia khususnya di negara pasar dari peserta famtrip. Diharapkan dampak dari kegiatan ini dapat meningkatkan kunjungan wisatawan dengan dampak ekonomi yang lebih luas.

Setelah dari Bali, para peserta famtrip akan berkunjung ke sejumlah destinasi lainnya seperti Yogyakarta, Lombok, Labuan Bajo, Jakarta, Bandung, dan lainnya.

“Itulah pariwisata yang berkualitas dan berkelanjutan, dengan waktu tinggal yang lebih lama lagi, lebih berkualitas, dan lebih mencintai budaya kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Duta Besar RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono, mengatakan kegiatan ini merupakan bentuk dukungan pihaknya dalam mendukung capaian program pemerintah khususnya di sektor pariwisata dan ekonomi kreatif.

“Kita mendukung semua yang disampaikan Pak Menteri (Menparekraf Sandiaga) yang memang sudah menghadirkan prestasi pariwisata Indonesia di mata dunia. Sudah selayaknya kami ini membantu beliau dengan segala macam upaya agar turis-turis dari empat negara kami datang berbondong-bondong ke Indonesia,” ujar Dubes Sukmo.

Hal senada disampaikan Duta Besar RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta. Ia mengatakan BBTF merupakan salah satu bursa pariwisata internasional yang ditunggu oleh para pelaku pariwisata di Bulgaria.

“Terima kasih Pak Menteri yang sudah mendukung kami juga dari Bulgaria untuk bisa ikut dalam acara ini dan menjadikan Bali sebagai pintu untuk pengembangan pulau-pulau Indonesia yang lainnya ke depan,” kata Dubes Iwan.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhutrisno; serta Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Hadir di Pameran AKI 2024 Menparekraf Dorong Pelaku Ekraf Kota Denpasar Terus Berinovasi dan Berkolaborasi

0

Wartain.com || Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong pelaku ekonomi kreatif di Kota Denpasar terus melakukan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi untuk dapat menciptakan peluang agar bisa naik kelas dan bersaing di pasar global.

Menparekraf Sandiaga saat hadir di pameran Apresiasi Kreasi Indonesia (AKI) 2024 Kota Denpasar, Jumat (14/6/2024) malam, mengatakan program AKI kembali dihadirkan Kemenparekraf tahun ini untuk dapat terus mendorong pelaku ekonomi kreatif untuk melakukan hal tersebut.

“Saya ingin memastikan bahwa di 2024 kita akan terus menghasilkan UMKM yang siap go global,” kata Menparekraf Sandiaga di Level 21 Mall, Denpasar, Bali.

Apresiasi Kreasi Indonesia atau AKI merupakan program pengembangan ekonomi kreatif melalui peningkatan kapasitas dan pameran bagi para pelaku ekonomi kreatif pada subsektor kuliner, kriya, fesyen, aplikasi/games, film, dan musik.

Diketahui, peningkatan kapasitas tersebut termasuk inkubasi, mentoring, bootcamp, dan lainnya.

“Kalau kita lihat AKI ini mengangkat produk lokal ke tingkat global dan target utamanya adalah menaik kelaskan mereka,” ujar Sandiaga.

Menparekraf pun menilai produk-produk ekonomi kreatif yang dihadirkan para pelaku ekraf Kota Denpasar sudah memiliki kualitas yang baik.

AKI 2024 siap menjadi wadah bagi pelaku ekonomi kreatif untuk masuk ke dalam ekosistem, membangun jejaring, dan database. Kehadiran AKI juga sebagai ajang publikasi dan promosi serta memperluas pasar bagi jenama lokal.

“Total selama 4 tahun, ada 1.600 pelaku ekraf yang telah terkurasi dan masuk dalam ekosistem AKI. Dan kita akan terus bergerak untuk terus mendorong peningkatan dari kualitas produk maupun juga ada peningkatan dari omzet penjualan pelaku ekraf,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Duta Besar RI untuk Panama merangkap Honduras-Kosta Rika-Nikaragua, Sukmo Harsono; dan Duta Besar RI untuk Bulgaria, Albania dan Makedonia Utara, Iwan Bogananta.

Turut hadir mendampingi Menparekraf Sandiaga, Direktur Pemasaran Pariwisata Regional I Kemenparekraf/Baparekraf, Raden Wisnu Sindhitrisno; serta Direktur Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenparekraf/Baparekraf, Dwi Marhen Yono.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Menparekraf Dorong Pemda Lakukan Uji Petik Perkuat Ekosistem Ekraf di Tabanan

0

Wartain.com || Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif / Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno mendorong Pemerintah Kabupaten Tabanan, Bali, untuk melakukan uji petik PMK3I (Penilaian Mandiri Kabupaten Kota Kreatif) sebagai upaya memperkuat ekosistem ekonomi kreatif di daerahnya.

Menparekraf Sandiaga Uno saat menghadiri Pengembangan Kabupaten/Kota Kreatif (KaTa Kreatif) 2024 di Gedung Kesenian I Ketut Maria, Tabanan, Jumat (14/6/2024) malam, mengatakan bahwa Kabupaten Tabanan memiliki potensi yang besar dalam pengembangan ekosistem ekonomi kreatif.

Sehingga sudah sepatutnya Kabupaten Tabanan mengikuti uji petik untuk menentukan subsektor ekonomi kreatif unggulan yang akan menjadi pendorong pengembangan ekonomi kreatif di Kabupaten Tabanan.

“Kalau saya lihat tadi yang bisa jadi unggulan pertama adalah seni pertunjukan, folklore and Art. Tapi ada kemungkinan juga untuk kuliner (sebagai unggulan),” kata Menparekraf Sandiaga.

Uji Petik PMK3I ini merupakan upaya pemerintah untuk mendorong kebangkitan ekonomi kreatif dan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif juga pelaku UMKM dalam bereksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif yang memiliki nilai tambah dan nilai jual yang tinggi.

Sehingga dengan memfasilitasi para pelaku ekonomi kreatif dan pengusaha UMKM untuk mengeksplorasi dan mengembangkan ide-ide kreatif dan inovatif para pelaku ekonomi kreatif dapat memiliki nilai tambah dan memperkuat branding dari produk-produknya.

“Oleh karena itu mari kita sama-sama meminta bupati agar Tabanan diikutsertakan pada proses uji petik kabupaten kreatif. Silakan para pelaku ekonomi kreatiflah yang akan menentukan, nanti dikolaborasikan, nanti kita lakukan proses uji petik,” kata Menparekraf.

Setelah uji petik dilakukan maka Kabupaten Tabanan nantinya akan dapat masuk ke dalam jejaring kabupaten/kota kreatif. Bahkan bisa diajukan untuk masuk dalam jejaring Creative Cities Network atau Jaringan Kota Kreatif UNESCO.

“Sangat besar peluangnya, karena Tabanan ini sudah memiliki situs warisan budaya tak benda oleh UNESCO yakni Subak. Sehingga dengan kreativitas, kita juga bisa mengajukan untuk masuk dalam jaringan kota kreatif UNESCO,” ujar Sandiaga.

Saat ini saat ini terdapat lima kota di Indonesia yang telah diakui sebagai kota kreatif oleh United Nations World Tourism Organization. Pertama yaitu Bandung sebagai Kota Desain Dunia atau City of Design, Jakarta sebagai Kota Sastra yang masuk dalam Jejaring Kota Kreatif UNESCO (UNESCO Creative Cities Network).

Selain Jakarta, Pekalongan diungkapkannya masuk dalam UNESCO Creative Cities Network dalam kategori kerajinan dan kesenian rakyat. Kemudian, Ambon yang dikenal sebagai Kota Musik Dunia dan Solo sebagai Kota Seni Pertunjukan dan Budaya.

“Tadi Pak Sekda Tabanan menyanggupi tahun depan kami akan tetapkan menjadi kota kreatif yang sesuai kaidah standar UNESCO, lalu kami ajukan mudah-mudahan bisa diterima karena standar kurasinya cukup tinggi, harus menyandingkan produk-produk paling kreatif kita,” kata Menparekraf Sandiaga.

Turut mendampingi Menparekraf, Direktur Infrastruktur Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Oneng Setya Harini; serta Direktur Kuliner, Kriya, Desain dan Fesyen Kemenparekraf/Baparekraf, Yuke Sri Rahayu.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(LT)

Niko Rinaldo Berkiprah di Dunia Politik Bentuk Konsistensi Demi Orang yang Dicintai

0
Oplus_0

Wartain.com || Niko Rinaldo adalah seorang politisi muda yang berjuang dari nol, dengan kiprah yang dimulai sejak masa kuliahnya di Universitas Subang.

Ia adalah anak pertama dari seorang buruh bangunan dan Tenaga Kerja Wanita (TKW), yang pada semester tiga kuliahnya dihadapkan dengan pilihan sulit ketika ayahnya mengalami kecelakaan kerja dan ibunya baru melahirkan adik kecilnya.

Niko harus memilih antara menjadi tulang punggung keluarga dan berhenti kuliah atau melanjutkan pendidikannya.

Kepada wartain.com,  Niko menjelaskan bahwa keputusan untuk tidak menggantikan ayahnya bekerja merupakan bukti bahwa pendidikan dan peningkatan sumber daya manusia dapat merubah nasib seseorang.

Ia menyadari bahwa memilih untuk melanjutkan kuliah dan berjuang di dunia pendidikan merupakan langkah penting untuk memutus rantai kemiskinan keluarganya.

Ketika ditanya apa yang membuatnya konsisten dalam dunia politik meskipun mengalami berbagai rintangan, Niko menjawab bahwa keluarga adalah sumber kekuatannya.

Ia menyeimbangkan perannya sebagai individu biasa dan sebagai insan politik, dengan memahami bahwa hasil dari perjuangan politik bisa menang atau kalah, dan menghadapinya dengan sikap easy going.

“Saya melihat orang-orang yang saya cintai itu yang membuat saya konsisten, ya Niko juga manusia biasa yang punya keluarga, istri dan anak. Tak mudah emang, antara niko sebagai individu biasa dan sebagai insan politik itu semua harus berjalan beriringan seimbang”, jelasnya.

Niko menambahkan. “Ya Kalau dibilang cape ya manusiawi saja, biasa-biasa saja toh hidup juga mengalir apa adanya, easy going saja, seperti pertarungan politik hasil menang kalah itu hal yang biasa, bisa dilihat sendiri hasil elektoral saya seperti apa”, Jawaban Niko tentang konsistensinya.

Niko juga menyatakan bahwa ia tetap terbuka untuk peluang di luar politik, seperti kolaborasi dengan barbershop atau usaha kopi, yang dikelola untuk mendukung anak-anak di posko.

Dalam dunia politik, keberhasilannya dalam pemilihan legislatif tidak lepas dari konsistensi dan keberadaan tim yang solid. Untuk membangun tim yang baik, Niko menerapkan tiga kriteria utama: etika yang baik, tidak pernah bermasalah dengan hukum, dan memiliki potensi.

Ketika disinggung tentang ambisinya dalam Pilkada Kabupaten Subang, Niko mengaku tidak berambisi dan memilih untuk mengalir mengikuti keadaan.

Ia juga menyatakan harapannya untuk Subang, yaitu memanfaatkan kekayaan alamnya dengan menyiapkan SDM terbaik, meningkatkan mutu pendidikan, pelatihan keterampilan, serta pengelolaan pertanian, tata ruang, dan nelayan.

Dalam semua langkah dan perjuangannya, konsistensi Niko Rinaldo didorong oleh keinginannya untuk memberikan kehidupan yang lebih baik bagi orang-orang yang ia cintai, sambil tetap menjaga keseimbangan antara kehidupan pribadi dan profesionalnya.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

Kontributor : Hegar/Biro Subang

Allah sebut Buah Pisang dalam Al Quran, Seberapa Besar Manfaatnya?

0
Oplus_0

Wartain.com || Tahukah kalian, buah pisang disebut Allah dalam Al Quran surst Al Waqiah ayat 29.

قال الله تعالى : وَطَلۡحٖ مَّنضُودٖ
( سورة الواقعة – 29 )

Hari Kiamat (Al-Waaqi`ah) : 29 – dan pohon pisang yang bersusun-susun (buahnya),

Ternyata pisang itu buah surga.

Ternyata, berdasarkan penelitian ilmiah  Masya Allah  buah pisang sangat besar manfaatnya, pisang disiapkan menjadi obat alami untuk berbagai penyakit. Dan ini telah ada yang meneliti :

Pisang mengandung tiga gula alami , yaitu; sukrosa, fruktosa dan glukosa,  yang dikombinasikan dengan serat.

Buah Pisang memberikan dorongan instan pada pencernaan secara berkelanjutan dan energi substansial. Penelitian telah membuktikan bahwa dengan hanya dua buah Pisang akan memberikan energi yang cukup untuk sebuah latihan berat selama 90 menit.

Tidak heran mengapa Pisang adalah buah nomor satu bagi kebanyakan atlet terkemuka di dunia. Supply energi bukan satu-satunya yang didapat dari Pisang tetapi Pisang dapat membantu kita agar tetap fit.

Hal ini juga dapat membantu mengatasi atau mencegah dan mengatasi sejumlah besar penyakit dan kondisi badan yang kurang fit, sehingga Pisang merupakan suatu keharusan untuk melengkapi diet harian.

1 Depresi

Menurut survei yang dilakukan oleh MIND diantara pasien penderita Depresi, banyak orang merasa lebih baik setelah makan Pisang. Hal ini terjadi karena Pisang mengandung tryptophan, sejenis protein yang akan diubah oleh tubuh menjadi serotonin, yang akan membuat anda menjadi relax, memperbaiki suasana hati (mood) dan secara umum akan membuat seseorang merasa lebih nyaman.

2. Bagi Penderita Diabetes

Makanlah Pisang setiap hari. Karena Vitamin B6 terkandung dalam Pisang akan mengontrol tingkat glukosa darah anda dan akan mempengaruhi suasana hati Anda.

3. Bagi Penderita Anemia

Pisang mengandung Zat Besi Tinggi, Pisang juga dapat merangsang produksi hemoglobin dalam darah dan banyak membantu dalam berbagai kasus anemia (kurang darah).

4. Bagi Penderita Tekanan Darah Tinggi

Buah tropis yang unik ini sangat tinggi kalium namun rendah garam, sehingga sempurna untuk mengalahkan tekanan darah. Begitu banyak gunanya sehingga _US Food and Drug Administration (Departemen Pengawasan Obat dan Makanan Amerika)_ baru saja mengizinkan perkebunan Pisang untuk melakukan klaim resmi mengenai kemampuan buah ini untuk menurunkan resiko tekanan darah dan stroke.

5. Menambah Kemampuan Otak

200 siswa di sekolah Twickenham (Middlesex) sangat terbantu dalam ujian mereka tahun ini karena memakan Pisang pada saat sarapan, saat istirahat dan saat makan siang, dalam upaya untuk meningkatkan kekuatan otak mereka.
Penelitian telah membuktikan bahwa buah dengan kandungan kalium tinggi dapat membantu siswa dalam belajar dan juga membantu siswa menjadi semakin peka dalam berpikir.

6. Sembelit

Pisang mengandung Zat Fiber dalam kadar yang tinggi, Pisang dapat juga membantu menormalkan kembali kerja pencernaan anda, Pisang akan membantu mengatasi permasalahan pencernaan ini tanpa anda harus kembali ke obat² pencahar lagi , yang jelas BAB anda akan jadi semakin lancar .

7. Obat Mabuk

Salah satu cara paling cepat untuk menyembuhkan mabuk _(Darat , Laut dan Udara)_ adalah dengan meminum milkshake Pisang ditambah dengan madu sebagai pemanis . Milkshake Pisang akan berefek menenangkan perut anda dan dengan bantuan madu akan mengontrol kadar gula darah anda untuk menjadi normal kembali, sementara susu akan menenangkan perut anda dan menata ulang sistem pencernanaan anda.

8. Mulas Dan Sakit Perut

Pisang memiliki efek antasid pada tubuh, jadi jika Anda menderita mulas dan perut terasa melilit, maka cobalah makan Pisang untuk mengurangi sakitnya.

9. Mual di Pagi Hari  (Morning Sickness)

Ngemil Pisang antara waktu makan membantu menjaga kadar gula darah dan menghindari mual dipagi hari.

10. Gigitan Nyamuk

Sebelum anda meraih krim atau cairan anti gigitan nyamuk, cobalah dulu menggosok daerah yang terkena gigitan nyamuk dengan bagian dalam kulit Pisang. Banyak orang yang sudah merasakan hebatnya Kulit Pisang ini karena akan mengurangi pembengkakan dan iritasi pada kulit.

11. Syaraf

Pisang mengandung Vitamin B dalam kadar tinggi yang sangat membantu dalam menenangkan sistem saraf.

12. Bagi Penderita Obesitas

Studi pada Institut Psikologi di Austria menemukan bahwa tekanan pada saat kerja menyebabkan orang sering meraih makanan dan camilan seperti, snack, coklat dan keripik. Setelah meneliti 5.000 pasien di rumah sakit, para peneliti menemukan bahwa kebanyakan orang yg menderita kegemukan lebih sering berada dalam tekanan kerja yang tinggi.

Banyak Laporan yang menyimpulkan bahwa untuk menghindari panik akibat tekanan kerja yang berlebihan dan nafsu yang tinggi untuk memakan makanan apapun, kita perlu mengendalikan kadar gula darah kita dengan mengemil makanan tinggi karbohidrat setiap dua jam untuk menjaga agar kadar gula darah menjadi stabil.

13. Luka Lambung

Pisang bisa digunakan sebagai bahan makanan utama untuk diet bagi penderita luka Lambung, Pisang akan mencegah gangguan pencernaan hal ini disebabkan texturnya yang sangat lembut dan halus. Pisang adalah adalah satu-satunya buah mentah yang dapat dimakan tanpa menyebabkan stress dalam beberapa kasus penyakit yang parah. Dan Pisang juga akan menetralisir kelebihan zat asam dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.

14. Kontrol Suhu

Banyak budaya lain melihat Pisang sebagai buah “Pendingin” yang dapat menurunkan suhu baik fisik dan emosional, para ibu hamil Di Thailand misalnya, mereka akan makan Pisang sebelum melahirkan dengan keyakinan bahwa si bayi akan lahir dengan suhu dingin.

15. Bagi Para Perokok

Buah Pisang dapat membantu orang yang mencoba untuk berhenti merokok. Vitamin B 6, B 12 yang dikandungnya, serta kalium dan magnesium akan sangat membantu tubuh anda untuk cepat sembuh dari efek penghentian nikotin.

16. Stress

Kandungan Kalium dalam Pisang adalah mineral yang penting, yang akan membantu menormalkan detak jantung, mengirim lebih banyak oksigen ke otak dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Ketika kita stress, metabolisme kita akan meningkat, sehingga mengurangi kadar Kalium. Ini dapat dinetralkan (rebalanced) dengan bantuan snack Pisang yang tinggi Kalium.

17. Stroke

Menurut penelitian di _The New England Journal of Medicine,_ makan Pisang sebagai bagian dari diet teratur dapat menurunkan resiko kematian karena stroke sebanyak 40% !

18. Kutil

Mereka yang suka pada pengobatan alami sudah banyak yang tahu bahwa Pisang bisa Menghilangkan atau Mengecilkan Kutil, jika anda ingin menghilangkan kutil, maka ambillah sepotong Pisang dan letakkan di kutil anda, dengan bagian kuning atau kulit ada diluar . Tetap pertahankan *Pisang* itu dengan plester sampai beberapa waktu, gantilah setiap pagi dan sore hari, setelah beberapa hari lalu lihatlah !!!

Jadi ingatlah, Pisang adalah obat alami untuk berbagai penyakit. Jika anda membandingkannya dengan apel misalnya, maka Pisang mengandung ; Protein empat kali lipat, Karbohidrat dua kali lipat , Zat Fosfor tiga kali lipat, Vitamin A dan zat besi lima kali lipat, dan ada pula dua kali lipat kandungan vitamin dan mineral lainnya. Pisang juga kaya kalium dan merupakan salah satu makanan dengan nilai terbaik, Jadi mungkin sekaranglah saatnya untuk mengubah pandangan kita terhadap Pisang dan makanlah Pisang setiap hari maka anda akan berkata, “Sebuah Pisang sehari membuat penyakit pergi”!

Catatan :

Jangan pernah menaruh Pisang anda di Kulkas ! karena struktur buah Pisang akan berubah bila sudah dibekukan dan itu akan menghilangkan banyak sekali manfa’at buah Pisang.

Sampaikan pesan ini kepada semua rekan² atau kerabat anda agar mereka juga bisa merasakan hebatnya Buah Pisang ini !!!.

Selamat menikmati buah Pisang!!!

* Berbagai sumber

Foto : Shopee

Editor : Aab Abdul Malik

(Redaksi)