19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Bruk! Sebuah Bus Terjun Bebas di Ruas Tol Pemalang KM 320  

Wartain.com, Pemalang || Sebuah bus dikabarkan terjun bebas dari atas Tol Pemalang di ruas Tol Pemalang. Jawa Tengah, Minggu 21/01/2024. Bus itu terbalik hingga ringsek.

Dikutip dari akun Instagram pemalang.update, peristiwa itu terjadi di ruas Tol Pemalang. Kecelakaan tepatnya terjadi KM 320 Kecamatan Ampelgading, sebelah barat Sungai Comal.

Bus tersebut terjun dari atas tol. Bus terjatuh ke jalan desa di bawah jalan tol tersebut.

“Sebuah insiden kecelakaan BUS Terjun bebas dari atas Tol Pemalang jatuh ke bawah di Jalan Desa, Kejadian tepatnya di KM 320 ikut Kecamatan Ampelgading sebelah barat sungai Comal, Belum diketahui terkait adanya penumpang Bus atau tidak. Minggu 21 Januari 2024 siang ini,” tulis akun Instagram pemalang.update dan mybusmytravelling.

Belum diketahui kronologi kecelakaan ini. Juga tidak diketahui apakah ada korban atau tidak. Namun, tampak bus berada di bawah jalan tol dengan posisi terbalik dan ringsek.

Dari video yang beredar, tampak sejumlah warga turut membantu evakuasi. Beberapa kendaraan juga terlihat berhenti dan melambat di jalan tol itu. Tampak ada ambulans untuk mengevakuasi kecelakaan.

“Bus yang Terjun Bebas di KM 320 Tol Pemalang merupakan bus PO New Shantika model Legacy SR-2 dengan nopol K 1736 CB, bus tersebut mengalami kecelakaan fatal, terjun bebas dari atas jalan tol Pemalang tepatnya di Kecamatan Ampelgading. Kecelakaan tersebut membuat posisi bus terbalik 180 derajat dengan kondisi ringsek, menurut informasi Bus membawa sejumlah penumpang namun belum diketahui pasti ada berapa jumlah korban atau penumpang bus. Warga di lokasi bahu membahu mengevakuasi para korban yang masih terjebak di dalam bus,” demikian dikutip dari akun Instagram pemalang.update.

Kecelakaan yang melibatkan bus beberapa kali terjadi akhir-akhir ini. Bahkan beberapa kecelakaan itu memakan korban meninggal dunia. Untuk mengantisipasi timbulnya korban tewas saat kecelakaan, semua penumpang bus diminta untuk menggunakan sabuk pengaman atau safety belt selama perjalanan.

Djoko Setijowarno, Akademisi Prodi Teknik Sipil Unika Soegijapranata dan Wakil Ketua Pemberdayaan dan Pengembangan Wilayah Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Pusat, mengatakan penumpang yang tidak menggunakan sabuk pengaman membuat kecelakaan bus kerap memakan korban jiwa.

“Lantaran penumpang tidak menggunakan sabuk pengaman telah menyebabkan penumpang terlempar keluar bus ketika terjadi kecelakaan. Kecelakaan memang sangat berpotensi menimbulkan korban jiwa jika sabuk pengaman tak dipakai,” kata Djoko beberapa waktu lalu.***

Foto : ilustrasi/Okezone

Editor : Aab Abdul Malik

(Redaksi)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.