19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Pemkab Nias Jalin Kerjasama dengan Institut Pertanian Bogor

Wartain.com || Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) atau Nota Kesepahaman Bersama antara Pemerintah Daerah Kabupaten Nias Barat dengan Institut Pertanian Bogor (IPB) di Kantor Rektor Institut Pertanian Bogor, Kamis 13/06/2024.

MoU pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan IPB tersebut ditandatangani oleh Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu dan Wakil Rektor Bidang Konektivitas Global, Kerjasama dan Alumni Prof. Dr. Iskandar Zulkarnaen Siregar.

Penandatanganan MoU tersebut merupakan wujud nyata kesungguhan dan komitmen pemerintah daerah Kabupaten Nias Barat mewujudkan visi Nias Barat yang Bersih, Unggul dan Maju melalui misi mengembangkan ekonomi masyarakat berbasis agro wisata, yaitu pertanian, perikanan, peternakan, pariwisata dan ekonomi kreatif.

Bupati Nias Barat Khenoki Waruwu mengatakan bahwa kerjasama pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan IPB merupakan lanjutan kerja sama tahun 2019 di Bidang Master plan Perkebunan dan dan inovasi lainya.

“Sejak 2019, kerjasama dengan IPB telah ditindaklanjuti melalui penyusunan Master plan Potensi Perikanan dan Kelautan yang menjadi acuan dalam perencanaan dan perumusan kebijakan dalam pengembangan sektor kelautan khususnya peningkatan produksi, sarana dan prasarana,” jelas Bupati Khenoki Waruwu.

Kemudian, pada tahun 2023 telah dilaksanakan kerjasama dalam penyusunan study kelayakan pelabuhan perikanan, sarana dan prasarana yang menjadi dasar agar Nias Barat masuk dalam Rencana Induk Pelabuhan Perikanan Nasional.

Bupati Khenoki Waruwu berharap kerjasama antara pemerintah Kabupaten Nias Barat dengan IPB dapat berjalan dengan baik. Sehingga mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kesejahteraan masyarakatdi Kabupaten Nias Barat.

Turut hadir mendampingi Bupati Nias Barat pada kegiatan ini Kepala Bappelitbangda Eta Fajar Wiriatmo Daely, SP., MM., dan Kabid Penelitian dan Pengembangan Bappelitbangda Glori Bonison Harefa, ST., M.Si.

Sedangkan dari IPB turut dihadiri Kepala Lembaga Riset Internasional Pembangunan Sosial, Ekonomi dan Kawasan Prof. Dr. Ir. Arya Hadi Dharmawan, M.Sc. Agr., Kepala Pusat Study Pembangunan Pertanian dan Perdesaan Prof. Dr. Ir. Muladno., dan Asdir Budang Kelembagaan Direktorat Kerjasama Noening Koesoemowardani, S.Pt., M.Si.***

Foto : Istimewa

Editor : Aab Abdul Malik

(Intan)

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.