19.5 C
New York
Rabu, Juli 17, 2024
spot_img

Latest Posts

Pabrik Kino Indonesia Gelar Sosialisasi Peremajaan BPLA Dan Pembuatan Kolam Resapan Air Hujan

Wartain.com, Sukabumi || Guna wujudkan  kenyamanan masyarakat sekitar pabrik, KINO Indonesia melakukan Sosialisasi Peremajaan Bak Penampungan Limbah Awal dan Pembuatan Kolam Resapan Air Hujan di pabrik Cikembar, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Rabu 03/01/2024

Diketahui, pabrik KINO merupakan perusahaan yang bergerak di bidang FMCG, terus berkomitmen untuk mematuhi peraturan yang berlaku dan juga berpartisipasi dalam menjaga lingkungan dimana pabrik KINO beroperasi.

Hal ini terbukti dengan langkah proaktif perusahaan dengan mengadakan sosialisasi peremajaan bak penampungan limbah awal dan pembuatan kolam resapan air hujan di pabrik Cikembar, pada hari Rabu 03/01/ 2024 berlokasi di Balai Desa Kertaraharja, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi.

Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada masyarakat sekitar terkait adanya rencana pembangunan peremajaan bak penampungan limbah awal dan kolam resapan air hujan.

Tujuan utama dari proyek Ini dilakukan sebagai usaha perusahaan untuk memastikan keberlangsungan operasional pabrik sesuai dengan perkembangan teknologi yang mempertimbangkan aspek keselamatan, efisiensi dan standar rancangan terkini.

Dengan membangun struktur bangunan baru yang lebih solid dan kuat akan mampu menampung dan mengolah air limbah lebih baik lagi dan sesuai aturan yang berlaku.

Hal ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan agar tidak menimbulkan dampak lingkungan. Sedangkan untuk pembuatan kolam resapan air hujan diharapkan dapat menampung serta mengatur aliran air hujan yang mengalir ke drainase warga sehingga meminimalisir luapan air saat curah hujan sangat tinggi terjadi.

Berkaitan dengan sosialisasi ini, Arviane D.B. selaku Head of Public Relation KINO, menyampaikan bahwa setiap kegiatan operasional perusahaan berorientasi pada prinsip ESG (Environmental, Social and Governance) yang berkelanjutan.

“Dalam setiap kegiatan operasional KINO, kami selalu mengacu kepada prinsip-prinsip ESG sebagai landasan utamanya. Kami memiliki tanggung jawab kepada para stakeholder untuk memastikan segala bentuk kegiatan dijalankan dengan transparan sesuai dengan prosedur yang berlaku. Hal ini untuk memastikan keamanan dan kenyamanan bersama, khususnya bagi masyarakat yang berada di dekat operasional bisnis kami,” katanya.

Dalam proses sosialisasi, KINO mengundang seluruh pihak terkait, termasuk perwakilan masyarakat sekitar Pabrik, Dinas Lingkungan Hidup, Perangkat MUSPIKA untuk ikut serta dalam sosialisasi ini.

Partisipasi dan masukan dari masyarakat sangat dihargai demi memastikan rencana ini berjalan dengan transparan dan sesuai dengan kebutuhan bersama. Helmi Asidkhi selaku HC Manager pabrik Cikembar KINO, menyampaikan bahwa saat ini pabrik KINO yang beroperasi di wilayah Cikembar telah mengantongi berbagai izin yang diperlukan dalam pengolahan limbah.

Hal ini mencakup Izin Lingkungan, Izin Pembuangan Limbah Cair, serta Persetujuan Bangunan Gedung.

“Kami memiliki sejumlah izin yang diperlukan sesuai ketentuan untuk pabrik Cikembar. Izin tersebut antara lain, UKL UPL, Berita Acara Kerangka Acuan AMDAL, Izin Lingkungan, dan Persetujuan Bangunan Gedung (PBG). Ditambah lagi KINO pabrik Cikembar sudah mendapatkan penghargaan PROPER Biru dari Kementrian Lingkungan Hidup (KLH) dan sudah tersertifikasi Sistem Manajemen Lingkungan ISO 14001:2020,” tambahnya.

Dengan perolehan izin dan sertifikasi ini, KINO menegaskan komitmennya dalam menjalankan operasional di Cikembar dengan mematuhi standar lingkungan dan perundang-undangan yang berlaku tutup Helmi.

Sebagai bentuk nyata lainnya, pabrik Cikembar senantiasa menjaga keseimbangan debit air bawah tanah atau ketersediaan air tanah, hal ini dilakukan sebagai salah satu upaya meminimalisir terjadinya luapan air di area perusahaan dan pemukiman warga dengan berbagai inisiatif.

Hingga saat ini pabrik Cikembar telah memiliki ratusan titik biopori, titik sumur resapan dengan total kapasitas besar dan titik sumur imbuhan untuk menunjang konservasi air tanah yang ada di area pabrik Cikembar.

Pabrik Kino Gelar Sosialisasi Peremajaan BPLA Dan Pembuatan Kolam Resapan Air Hujan (foto : wartain.com/Intan)

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan sebagai bentuk keterbukaan KINO kepada masyarakat sekitar dalam menjalankan operasi bisnisnya. “KINO menyadari bahwa menjalankan proses komunikasi yang transparan, sejalan dengan nilai-nilai perusahaan.

Salah satu prinsip dalam nilai utama perusahaan adalah “We Are Committed To Our Work” yang mencerminkan komitmen untuk bertindak dan menjalankan bisnis yang akuntabel, tulus, transparan, dan inklusif di tempat kerja.

Kami juga mengucapkan terima kasih kepada seluruh warga dan masyarakat Cikembar yang selalu memberikan dukungan penuh terhadap keberadaan pabrik KINO. Semangat kerjasama dan kolaborasi ini tidak hanya memperkuat hubungan antara perusahaan dan masyarakat, tetapi juga menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi kita semua.

Lebih lanjut, perusahaan akan terus berkomitmen memastikan keberlanjutan proses bisnis ramah lingkungan. Oleh karena itu, KINO berkomitmen untuk terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi serta infrastruktur yang ramah lingkungan.” tutup Arviane.

25 Tahun Pabrik Kino di Cikembar Turut Berpartisipasi dalam Pemberdayaan Masyarakat Keberadaan pabrik KINO sejak tahun 1999 di area Cikembar, tidak hanya sekedar membangun fasilitas produksi, KINO mampu menyerap ribuan tenaga kerja asal Cikembar.

Hal ini merupakan sebagai bentuk kontribusi KINO terhadap keberadaan warga sekitar. Selain itu KINO juga berkomitmen memberikan kontribusi positif terhadap kehidupan sosial melalui kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR). Melalui inisiatif program CSR pabrik Cikembar telah menjalankan berbagai program diantaranya seperti bantuan pada setiap hari besar keagamaan, bantuan air bersih, pengembangan ekonomi desa hingga program sosial lainnya yang masih berjalan hingga saat ini.

Pada kesempatan tersebut, turut hadir Camat Kecamatan Cikembar, Kades Kertaraharja, Koramil 0607-08,  Babinsa, Bhabinkamtibmas, Kanit Binmas dan undangan lainnya.

Yati Haryati Kepala Desa Kertaraharja menyebutkan bahwa ini merupakan sosialisasi awal untuk merealisasikan program yang ingin dibentuk oleh PT Kino.

“Ini baru kali pertama adanya sosialisasi dari program yang tadi, supaya masyarakat tidak ada lagi mis komunikasi dalam informasi yang didapatkan masyarakat,” ungkap Yati

Dikesempatan yang sama PLT Camat Cikembar Dading,S.Pd mendukung untuk adanya sosialisasi ini, karena harus adanya keterbukaan kepada masyarakat setempat.

“Program yang akan diadakan oleh PT Kino harus memberikan manfaat kepada masyarakat khususnya masyarakat kertaraharja, demi kemakmuran dan kelancaran sesuai dengan Selogan Cikembar, yaitu Cikembar Jembar peduli jeng someah,” tutur Dading.***

Foto : wartain.com/Intan

Editor : Aab Abdul Malik

Reporter : Intan Fitri Utami

Latest Posts

spot_imgspot_img

Don't Miss

Stay in touch

To be updated with all the latest news, offers and special announcements.